Sukses

Kenapa Jadi Mendadak Gemuk Saat Menstruasi?

Sindrom pramenstruasi bisa bikin kamu gemuk akibat meningkatnya berat badan. Kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta Datangnya menstruasi disertai dengan banyak gejala dan efek samping. Mulai dari pegal-pegal, keram, suasana hati yang buruk, sampai angka timbangan yang meningkat. Ya, hadirnya menstruasi memang bisa bikin kamu jadi mendadak gemuk.

Jangan khawatir, jika berat badan kamu meningkat sekitar satu minggu sebelum tanggal menstruasi, itu hanya karena berat air, jelas Raquel Dardik, MD, ginekolog dari NYU Langone Medical Center.

"Berat badan bertambah terjadi lima hari sebelum menstruasi, tapi akan kembali normal begitu datang bulan dimulai," jelasnya, melansir Shape, Selasa (14/11/2017).

Berat air pramenstruasi bervariasi, mulai dari setengah sampai 5 kg. Rata-rata peningkatannya sekitar 3kg, jelas Dardik lagi.

Kenapa? Hormon progesteron--yang penting pada masa awal kehamilan--adalah biang keroknya. Saat bayi tidak ada (alias saat kamu menstruasi), kadar progesteron menurun. Efek sampingnya, setiap sel di tubuh jadi menyimpan tambahan air, jelas Dardik lagi.

Walau hal ini terkadang tidak membuat berat badan naik, kembung akibat gas akibat menstruasi bisa memperburuk situasi ini, sehingga kamu jadi merasa sangat gemuk.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menangkal kegemukan

Efek samping ini bisa kamu lawan, seperti cara kamu melawan semua kelebihan berat badan lainnya: dengan berolahraga. Dan minumlah banyak air untuk membantu menyingkirkan penyimpanan air dalam sel, lanjut Dardik.

Coba juga untuk menghindari makanan berlemak, alkohol, dan garam. Ketiga jenis makanan ini bisa memicu tubuh untuk semakin menahan air, kata Dardik.

Jika berat badan tambahan ini menghilang setelah menstruasi? Hal ini bisa disebabkan oleh keinginan kamu memakan camilan pada pramenstruasi.

Jadi, Dardik mengingatkan, sebelum kamu memanjakan diri makan berbagai camilan enak saat pramenstruasi, pikirkan apakah kamu siap naik berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.