Sukses

Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2, Apa Bedanya?

Diabetes terdiri dari dua macam, tipe 1 dan tipe 2. Simak perbedaannya.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes melitus (DM) adalah gangguan metabolik yang memengaruhi cara tubuh mengatur gula darah atau glukosa. Diabetes meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami komplikasi serius, menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, serta berisiko stroke, penyakit jantung, hingga amputasi.

Diabetes terdiri dari dua macam, tipe 1 dan tipe 2. Keduanya sama-sama memengaruhi cara tubuh mengelola gula darah. Gula darah yang dikenal dengan sebutan glukosa adalah bahan bakar bagi sel tubuh untuk memproduksi energi. Akan tetapi, glukosa memerlukan insulin untuk bisa masuk ke dalam sel tubuh.

Pada individu dengan diabetes tipe 1, tubuh tidak memproduksi insulin karena sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel yang memproduksi insulin. Tanpa insulin, sel tidak mampu menyerap glukosa yang diperlukan untuk memproduksi energi.

Sementara pada individu dengan diabetes tipe 2, tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan segera atau mengalami resistensi insulin. Ketika kondisi diabetes tipe 2 pada seseorang semakin parah, pankreas akan semakin sedikit memproduksi insulin.

Mudahnya, pada pengidap diabetes tipe 1, tubuh tak memproduksi insulin. Adapun pada penderita diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin tapi tidak mampu menggunakannya secara efektif. 

 

Saksikan juga video berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak ada obatnya

Diabetes tipe 1 kerap kali disebabkan faktor keturunan dan tak bisa dicegah. Berbeda dengan tipe 1, penyandang diabetes tipe 2 lebih umum, perbandingannya mencapai 20:1. Diabetes tipe 2 bisa disebabkan faktor keturunan, tapi juga bisa disebabkan oleh berat badan berlebih, pola makan tidak sehat, serta kurangnya olahraga.

Mengutip laman Healthline, tak ada obat bagi diabetes tipe 1. Sementara diabetes tipe 2, kondisi ini bisa dicegah atau dihambat keparahannya dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Laman Medical News Today menulis, beberapa ilmuwan saat ini tengah meneliti kombinasi obat immunosuppressant dan obat yang bisa meningkatkan produksi gastrin untuk memicu regenerasi pankreas. Diharapkan, nantinya individu dengan diabetes tipe 1 bisa hidup tanpa insulin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes