Sukses

Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2, Apa Bedanya?

Liputan6.com, Jakarta Diabetes melitus (DM) adalah gangguan metabolik yang memengaruhi cara tubuh mengatur gula darah atau glukosa. Diabetes meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami komplikasi serius, menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, serta berisiko stroke, penyakit jantung, hingga amputasi.

Diabetes terdiri dari dua macam, tipe 1 dan tipe 2. Keduanya sama-sama memengaruhi cara tubuh mengelola gula darah. Gula darah yang dikenal dengan sebutan glukosa adalah bahan bakar bagi sel tubuh untuk memproduksi energi. Akan tetapi, glukosa memerlukan insulin untuk bisa masuk ke dalam sel tubuh.

Pada individu dengan diabetes tipe 1, tubuh tidak memproduksi insulin karena sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel yang memproduksi insulin. Tanpa insulin, sel tidak mampu menyerap glukosa yang diperlukan untuk memproduksi energi.

Sementara pada individu dengan diabetes tipe 2, tubuh tidak mampu menggunakan insulin dengan segera atau mengalami resistensi insulin. Ketika kondisi diabetes tipe 2 pada seseorang semakin parah, pankreas akan semakin sedikit memproduksi insulin.

Mudahnya, pada pengidap diabetes tipe 1, tubuh tak memproduksi insulin. Adapun pada penderita diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin tapi tidak mampu menggunakannya secara efektif. 

 

Saksikan juga video berikut: 

 

1 dari 2 halaman

Tak ada obatnya

Diabetes tipe 1 kerap kali disebabkan faktor keturunan dan tak bisa dicegah. Berbeda dengan tipe 1, penyandang diabetes tipe 2 lebih umum, perbandingannya mencapai 20:1. Diabetes tipe 2 bisa disebabkan faktor keturunan, tapi juga bisa disebabkan oleh berat badan berlebih, pola makan tidak sehat, serta kurangnya olahraga.

Mengutip laman Healthline, tak ada obat bagi diabetes tipe 1. Sementara diabetes tipe 2, kondisi ini bisa dicegah atau dihambat keparahannya dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Laman Medical News Today menulis, beberapa ilmuwan saat ini tengah meneliti kombinasi obat immunosuppressant dan obat yang bisa meningkatkan produksi gastrin untuk memicu regenerasi pankreas. Diharapkan, nantinya individu dengan diabetes tipe 1 bisa hidup tanpa insulin.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.
    Diabetes
Artikel Selanjutnya
Ingin Tubuh Ideal, Lakukan Pola Makan Ini
Artikel Selanjutnya
Punya Tubuh Indah, Ini Diet Model Victoria's Secret