Sukses

Diabetesi, Boleh Makan Buah Asal...

Liputan6.com, Jakarta Ada anggapan, pengidap diabetes sebaiknya menghindari buah-buahan dengan kadar gula tinggi. Nyatanya, sebuah studi baru yang diterbitkan PLOS Medicine justru menyatakan sebaliknya.

Mengonsumsi buah segar ternyata berhubungan dengan risiko diabetes dan komplikasinya yang lebih rendah. Para peneliti menganalisis studi ini selama tujuh tahun dengan lebih dari 500.000 orang dewasa Tionghoa.

Buah berry

Namun, penting dicatat, studi ini hanya menganalisis konsumsi buah segar, bukan buah kering atau jus buah, jadi para ahli kesehatan tetap mengklasifikasi buah terbaik dan terburuk, ukuran sajian yang sesuai, dan berapa banyak karbohidrat yang harus Anda dapatkan dari buah setiap hari.

"Pertama, penting untuk dicatat bahwa setiap diabetesi memiliki kebutuhan gizi yang berbeda," kata Staci Freeworth, RD, CDE, dan profesor gizi di Bowling Green State University. Inilah sebabnya mengapa penting bagi pengidap diabetes untuk mengetahui kebutuhan dan riwayat kesehatannya.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Buah terbaik

"Apakah Anda mengidap diabetes atau tidak, buah terbaik untuk dikonsumsi adalah yang tidak memengaruhi kadar gula darah atau kerap disebut indeks glikemik rendah," kata Daphne Olivier, RD, CDE.

Kiwi

Ahli diet, Amber Gourley, MS, RD, merekomendasikan buah berikut untuk diabetesi karena memiliki antioksidan tinggi yang kita tahu membantu menetralisasi radikal bebas:

- Blueberry

- Blackberry

- Raspberi

- Ceri

- Kiwi

2 dari 3 halaman

Buah terburuk

Sebenarnya tidak ada buah terburuk. Hanya saja, para ahli menilai, kandungan gula pada pisang, nanas, dan mangga terlalu tinggi. 

"Anda tidak perlu menghindarinya sama sekali. Sebagai gantinya, kombinasikan buah-buahan yang Anda konsumsi," kata Olivier.

Olivier menyontohkan, Anda bisa memasangkan blueberry dengan kenari atau aprikot dengan keju mozzarella. Hal ini akan memengaruhi gula darah Anda. "Lemak ini memperlambat penyerapan glukosa dari buah dan mencegah gula darah Anda tidak meninggi."

Ilustrasi pisang

Olivier mengatakan, sebaiknya buah dikonsumsi tiga kali sehari. "Ingatlah untuk memasangkannya dengan protein atau lemak."

"Apakah Anda menderita diabetes atau tidak, buah adalah teman Anda. Makanlah berbagai macam buah-buahan, terutama buah berwarna biru, merah, dan ungu seperti buah beri, yang kaya antioksidan dan mengurangi gula darah."

Sandingkan dengan lemak sehat, seperti kacang, untuk memperlambat pencernaan dan kenaikan gula darah. Konsumsi buah kering dan jus buah secukupnya, dan jika Anda menderita diabetes, ingatlah untuk menghitung total gram karbohidrat, bukan hanya gram gula pasir.

Artikel Selanjutnya
Ini Dampak Berlebihan Makan Daging
Artikel Selanjutnya
Punya Tubuh Indah, Ini Diet Model Victoria's Secret