Sukses

Hati-Hati, Buah Ini Membahayakan Diabetesi

Dari semua jenis buah yang ada, beberapa di antaranya tidak disarankan dimakan diabetesi.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan diabetes atau diabetesi tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, termasuk asupan buah. Dari semua jenis buah yang ada, beberapa tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Buah yang baik bagi orang dengan diabetes adalah yang segar, seperti apel, stroberi, pisang, blueberry, seperti mengutip laman Everyday Health, Selasa (14/11/2017).

Namun, ada juga buah yang tidak disarankan bagi diabetesi, yakni:

- Buah kaleng dengan tambahan gula

- Manisan buah

- Selai buah

- Minuman buah seperti jus buah kemasan.

"Adanya tambahan gula dalam buah tersebut memiliki kecenderungan melonjakkan gula darah," seperti ditulis penulis laman tersebut yang sudah ditinjau oleh ahli nutrisi Kelly Kennedy.

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diet untuk diabetesi

Diet untuk orang dengan diabetes sebenarnya sama dengan orang biasa. Namun, pastikan diet yang dilakukan adalah dengan diet sehat dan menjaga kebiasaan makanan sehat untuk mengontrol tingkat gula darah.

Diet sehat berarti mengonsumsi karbohidrat kompleks, rendah lemak, dan memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau dan buah-buahan, seperti mengutip leaflet "Tanya Jawab Seputar Diabetes" yang diterbitkan Kementerian Kesehatan.

Pastikan juga untuk aktif secara fisik. Hal ini membantu mengontrol kadar glukosa darah, berat badan, tekanan darah, mengurangi tingkat kolesterol, dan mencegah penyakit kardiovaskular. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.