Sukses

Buah dan Rempah yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda menderita rheumatoid arthritis atau radang sendi? Cobalah konsumsi blueberry dan biji-bijian. Keduanya termasuk makanan yang bisa mengurangi rasa sakit, pembengkakan serta kekakuan pada persendian Anda, dan bahkan memperlambat perkembangan penyakit ini, kata periset.

Plum kering, buah delima, biji-bijian, rempah-rempah jahe dan kunyit, dan minyak zaitun juga bisa membantu.

Makanan ini tampaknya mengurangi peradangan, serta kekakuan dan nyeri sendi, menurut penulis sebuah makalah yang diterbitkan pada 8 November di jurnal Frontiers in Nutrition, dikutip dari laman Webmd.

"Mengonsumsi secara reguler makanan berserat tertentu, sayuran, buah dan rempah-rempah, serta menjauhi komponen yang menyebabkan peradangan dan kerusakan, dapat membantu pasien untuk mengatasi efek rheumatoid arthritis," kata penulis studi Bhawna Gupta yang merupakan asisten profesor di Sekolah Bioteknologi di Universitas KIIT di Odisha, India dalam sebuah rilis.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Makanan yang perlu dihindari

"Pasien yang menderita rheumatoid arthritis harus beralih dari makanan omnivora, minuman beralkohol dan merokok ke makanan Mediterania atau vegetarian, seperti yang disarankan oleh dokter atau ahli diet mereka," kata Gupta.

 

Menambahkan makanan yang mengandung probiotik--seperti yoghurt dan suplemen diet--juga dapat membantu, katanya.

"Penunjang pengelolaan penyakit melalui makanan dan diet tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya dan relatif murah dan mudah," kata Gupta.

  • Nyeri sendi atau rematik merupakan gangguan nyeri pada persendian tubuh, yang diakibatkan oleh peradangan.
    Nyeri Sendi
Artikel Selanjutnya
4 Cara Alami Redakan Gusi Bengkak
Artikel Selanjutnya
6 Keajaiban Kayu Manis