Sukses

Keistimewaan Wasabi yang Orang Jepang Cintai

Ada sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan dari wasabi

Liputan6.com, Jakarta Para pecinta makanan Jepang pasti tahu wasabi. Keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae) yang disebut lobak Jepang ini biasanya digunakan sebagai sambal untuk sashimi, sushi, soba dan ochazuke.

Berbeda dengan sambal cabai, wasabi menghasilkan rasa pedas dan menyengat ke hidung. Jadi wajar ada yang menyukainya dan ada yang tidak.

Namun siapa sangka, di balik rasanya itu, ada sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan dari wasabi. Berikut ulasannya, seperti dilansir Rocketnews24, Selasa (14/11/2017):

1. Mencegah keracunan makanan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa wasabi secara tradisional cenderung dimakan dengan sushi? Bukan tanpa alasan.

Wasabi mengandung allyl isothiocyanate, zat insektisida kuat dan bakteriosida yang membantu memerangi racun makanan sekalipun sushi yang Anda makan bersih dan segar.

Wasabi dapat membantu mencegah keracunan makanan dengan menetralkan dan membunuh spora jamur yang ada.

2. Awet muda

Sulfinyl, senyawa yang dilepaskan saat wasabi segar diparut, adalah anti oksidan yang kuat. Konsumsi sulfinil secara teratur dapat mencegah penuaan dini dengan cara menurunkan oksigen reaktif dalam tubuh.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mencegah kanker

Wasabi juga bisa mengurangi risiko kanker. Senyawa 6-MSITC di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melawan sel kanker.

4. Wasabi melancarkan sirkulasi darah

Senyawa 6-MSITC juga dapat menghambat agregasi trombosit, penggumpalan trombosit menjadi bekuan darah. Dengan kata lain, wasabi juga dapat mencegah penggumpalan darah dan secara efektif mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

5. Melawan pilek dan alergi

Wasabi dapat membersihkan hidung yang tersumbat karena flu atau alergi. Pelepasan gas alil isothiocyanate membantu melawan bakteri penyebab flu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini