Sukses

Keistimewaan Wasabi yang Orang Jepang Cintai

Liputan6.com, Jakarta Para pecinta makanan Jepang pasti tahu wasabi. Keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae) yang disebut lobak Jepang ini biasanya digunakan sebagai sambal untuk sashimi, sushi, soba dan ochazuke.

Berbeda dengan sambal cabai, wasabi menghasilkan rasa pedas dan menyengat ke hidung. Jadi wajar ada yang menyukainya dan ada yang tidak.

Namun siapa sangka, di balik rasanya itu, ada sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan dari wasabi. Berikut ulasannya, seperti dilansir Rocketnews24, Selasa (14/11/2017):

1. Mencegah keracunan makanan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa wasabi secara tradisional cenderung dimakan dengan sushi? Bukan tanpa alasan.

Wasabi mengandung allyl isothiocyanate, zat insektisida kuat dan bakteriosida yang membantu memerangi racun makanan sekalipun sushi yang Anda makan bersih dan segar.

Wasabi dapat membantu mencegah keracunan makanan dengan menetralkan dan membunuh spora jamur yang ada.

2. Awet muda

Sulfinyl, senyawa yang dilepaskan saat wasabi segar diparut, adalah anti oksidan yang kuat. Konsumsi sulfinil secara teratur dapat mencegah penuaan dini dengan cara menurunkan oksigen reaktif dalam tubuh.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

3. Mencegah kanker

Wasabi juga bisa mengurangi risiko kanker. Senyawa 6-MSITC di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melawan sel kanker.

4. Wasabi melancarkan sirkulasi darah

Senyawa 6-MSITC juga dapat menghambat agregasi trombosit, penggumpalan trombosit menjadi bekuan darah. Dengan kata lain, wasabi juga dapat mencegah penggumpalan darah dan secara efektif mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

5. Melawan pilek dan alergi

Wasabi dapat membersihkan hidung yang tersumbat karena flu atau alergi. Pelepasan gas alil isothiocyanate membantu melawan bakteri penyebab flu.

Artikel Selanjutnya
3 Orang Ini Ternyata Sosok yang Telah Mengubah Dunia
Artikel Selanjutnya
Ternyata Makanan Ini Banyak Disukai oleh Mahasiswa Bule