Sukses

Kapan Waktu Terbaik Suntik Vaksin Flu?

Di negara-negara empat musim direkomendasikan mendapatkan vaksin influenza sebelum musim dingin. Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Jelang musim dingin, penduduk di negara-negara empat musim dianjurkan untuk imunisasi vaksin flu atau vaksin influenza. Lantas, di Indonesia yang beriklim tropis kapan waktu terbaik vaksinasi influenza?

Menurut Ketua Indonesia Influenza Foundation, Cissy Kartasasmita, saat musim dingin memang puncaknya (kasus) influenza. Oleh karena itu, dianjurkan sebelum musim dingin masyarakat di negara empat musim untuk mendapatkan vaksin influenza. Sementara di Indonesia tidak bisa seperti itu.

"Di luar negeri ada risetnya. Di kita tidak. Namun, dulu bisa dikira-kira. Sekarang penyakit influenza tidak bisa dikira-kira (kapan puncaknya). Hujan dan panasnya sudah tidak bisa diprediksi," kata Cissy dalam temu media di Jakarta pada Senin (13/11/2017).

"Di kita, virus ini bersirkulasi sepanjang tahun. Jadi, bisa kapan saja melakukan vaksinasi influenza," tambah Cissy.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setahun sekali vaksin

Walau bisa kapan saja, pastikan untuk melakukan vaksinasi dalam rentang setahun sekali. Jika tahun ini November, di 2018 melakukan vaksinasi influenza pada bulan yang sama. 

Vaksinasi influenza terbukti efektif melindungi sampai dengan 90 persen individu sehat berusia di bawah 65 tahun. Jika pun terkena influenza, waktu yang diperlukan untuk sembuh lebih cepat.

Kelompok yang disarankan mendapatkan vaksinasi influenza ialah ibu hamil, usia lanjut, diabetesi, pasien kardiovaskular, penderita penurunan kekebalan tubuh, pasien gangguan pernapasan kronik, calon haji dan umrah, pekerja, dan petugas kesehatan. Anak dan bayi di bawah usia enam bulan juga bisa menerima vaksin influenza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini