Sukses

Baru 10 Bulan Bobot Bayi Ini Sudah 28 Kilogram

Liputan6.com, Jakarta Luis Manuel Gonzales sedang diperiksa dokter karena alami obesitas yang ekstrem. Pada awalnya, ia dilahirkan dengan berat badan hanya 3,5 kg lalu menggelembung hingga 28 kg hanya dalam waktu 10 bulan sejak ia lahir.

Dokter menjadi bingung, mengapa bayi Luis begitu gemuk. Keluarga Luis yang berasal dari Meksiko harus menghadapi tagihan medis yang besar untuk perawatan Luis agar dia tetap sehat.

"Saya pikir itu (obesitas Luis) karena saya memiliki ASI yang bagus," ucap sang ibu, Isabel Pantoja, 24 tahun, dari Tacoma, dikutip dari Daily Star, Senin (13/11/2017).

Saking gemuknya Luis, rahangnya menjadi luka. Ia pun harus menjalani perawatan ke rumah sakit selama empat kali seminggu untuk tes kesehatan. Tak ayal, tagihan medis perawatan Luis membengkak.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Mulai gemuk di usia satu bulan

Ketika Luis berusia satu bulan, ia sudah harus memakai pakaian yang dimaksudkan untuk ukuran balita. Ia tidak bisa berjalan atau merangkak.

Luis hanya bisa duduk dan harus digendong kemana-mana. Isabel pun merasa kelelahan karena menggendong Luis dan takut akan nyawa Luis dalam bahaya (akibat obesitas).

Para dokter kawatir Luis mungkin mengidap penyakit, yang disebut Prader-Willi Syndrome. Penyakit ini membuat anak-anak memiliki nafsu makan yang tak terpuaskan dan ingin terus makan.

Silvia Orozco, ahli bedah yang mengkhususkan diri pada nutrisi mengamati kasus Luis. Ia percaya Luis mungkin bukan mengalami penyakit tersebut. Penyebabnya mungkin karena diet sang ibu saat mengandung Luis, yang memicu perubahan metabolisme.

Keluarga Luis sekarang menunggu jawaban dokter, apa yang menyebabkan kenaikan berat badan Luis yang sangat cepat.