Sukses

Baby and Daddy: Bayi Lana yang Maunya Harus Bersih

Liputan6.com, Jakarta Untuk Baby and Daddy edisi Minggu (12/11/2017), Fathan berbagi cerita tentang putri kecilnya, Lana, yang selalu memulai hari dengan senyum seiring hadirnya matahari pagi. 

Salam kenal, nama saya Fathan, Ayah dari Lana, dan Suami dari Sindy. Pada edisi kali ini saya ingin sedikit bercerita mengenai keluarga kecil saya. Mudah-mudahan dapat menghibur dan membagi inspirasi dan pengalaman.

Saya dan istri, alhamdulillah baru saja dikaruniai seorang putri, tepat tanggal 13 Agustus 2017 kemarin. Namanya Lana, nama lengkapnya Kalanajiwa M T. Lahir dengan sehat dan lancar, melalui persalinan normal di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan. Kehadiran Lana, nama panggilan akrab anak saya, sudah cukup lama ditunggu-tunggu.

Maklum kami sudah menikah sekitar 3,5 tahun yang lalu sebelum kehadiran Lana. Allah SWT punya kehendak dan rencana lain yang lebih baik. Melalui usaha dan doa, kami bersyukur Lana dapat dihadir melengkapi kebahagiaan kami.

Meskipun sampai saat ini umurnya baru sekitar 3 bulan, Lana adalah anak yang periang, pintar, penuh semangat dan sangat menjaga kebersihan. Saya ingin sedikit bercerita kenapa mengenai karakter Lana, yang mungkin juga ditemui di anak-anak bapak ibu sekalian, dengan keunikannya masing-masing.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 4 halaman

Periang dan Murah Senyum

Lana itu anak yang periang dan sangat murah senyum. Yang paling saya sukai adalah ketika dia selalu senyum bahagia saat kita bangun tidur di pagi hari. Lana seakan-akan ingin memberikan semangat kepada ayah ibunya untuk memulai hari.

Lana akan berceloteh seakan bercerita mengenai mimpinya, dan dengan ramah menanggapi ayah ibunya yang mengajaknya balik bercerita, meskipun Lana sendiri memang belum bisa berbicara. Lana bisa panjang bercerita “ghaa.. ghiii.. ghuu..”, “arrr.. urrr.. guurrr”, “kwaaa.. nggg.. krrr”, dengan mata dan mulut yang sangat ekspresif.

Lana juga pintar dan penuh semangat karena dia sangat suka dibacakan buku cerita. Lana bisa menyimak dengan seksama apa yang ayah ibunya bacakan dari sebuah buku. Sesekali dia tersenyum dan menunjukkan raut wajah antusias setiap kali dibacakan buku.

Lana sangat bersemangat saat diajak membaca. Lana punya banyak buku cerita, baik yang dibelikan ayah ibunya, maupun yang dihadiahi dari saudara-saudara dan teman-teman dekat.

Begitu pula pada saat Lana pertama kali diajak berenang di sebuah tempat baby spa. Dia dengan semangat berenang di bak air yang untuk pertama kalinya dia coba. Dengan antusias, Lana sudah bisa beradaptasi langsung dengan gerakan renang berkeliling di dalam bak air, sesekali dia sengaja berenang ke arah ujung bak, lalu menendang balik untuk kembali ke tengah, dan kembali berputar-putar.

Lana sangat menikmati dan tidak menunjukkan rasa takut saat bermain di dalam air. Momen itu merupakan sebuah pengalaman yang sangat lucu dan menyenangkan bagi saya dan istri.

 

2 dari 4 halaman

Sudah Aktif Sejak Lahir

Lana memang dari lahir sudah aktif. Lehernya sudah kuat untuk menengadah dan menoleh kiri kanan, meskipun umurnya waktu itu baru beberapa hari. Badannya pun sudah kuat dia gerakkan ke berbagai arah. Waktu Lana baru berumur sekitar 1 minggu, dia tiba-tiba sudah bisa memiringkan sendiri badannya ke kanan, dengan posisi hampir membalikkan badan.

Lana pun sering menunjukkan banyak ekspresi wajah. Di umurnya yang hingga saat ini baru 3 bulan lebih, Lana sudah bisa menjulurkan lidah dan mengedipkan mata waktu difoto. Maklum, karena saya kerja di kantor, jadi saya sering menanyakan mengenai kabar istri saya dan Lana di rumah, saat itulah momen di mana Lana sering berekspresi ketika difoto atau direkam video.

Lalu, karakter Lana yang menurut saya paling menarik adalah mengenai kebersihan. Lana selalu protes untuk minta diganti popoknya dulu, setiap kali ingin buang air besar (poop). Pada awalnya saya pikir hanya kebetulan, ketika Lana poop setelah saya ganti popoknya. Namun pada saat kedua kali, ketiga kali dan seterusnya, Lana tetap selalu begitu, selalu nangis minta diganti popoknya dulu setiap kali ingin poop.

Dia mungkin merasa lebih nyaman poop dengan popok yang kering dan bersih, dibanding dengan popok yang lembab dan berat. Saya selalu bilang, hal ini menurun dari ibunya, karena istri saya memang tidak gampang untuk menggunakan kamar mandi/ toilet umum pada saat berpergian, apabila toilet tersebut tidak benar-benar bersih.

 

3 dari 4 halaman

Lahir dari Orangtua yang Kreatif

Saya dan istri kebetulan sangat menyukai karya seni dan segala hal yang berhubungan dengan kreativitas. Kami bertemu di satu sekolah saat sama-sama mengambil gelar S2 kami, Master of Fine Arts.

Dari semenjak Lana di dalam kandungan, kami berdua banyak membuat dan mendesain berbagai macam kreasi dari hasil karya kami sendiri.

Selain menghemat budget, yang paling penting adalah adanya kepuasan tersendiri pada saat barang kreasi tersebut jadi dan dipakai. Harapan kami berdua, nantinya Lana, dapat menjadi anak yang lebih cerdas dan kreatif, menciptakan karya-karya yang dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi orang banyak.

Tentunya tetap dengan doa, usaha, semangat, dan keceriaan.

*Ingin eksis seperti Baby and Daddy di atas? Sahabat Liputan6.com bisa mengirimkan foto bayi Anda dan sang ayah beserta kisah singkatnya ke email redaksi Health: health.liputan6@gmail.com, dengan syarat sebagai berikut,

- Kirimkan 5 foto lowres (@ maksimal 1 MB) bayi dan ayah dengan pose dan angle menarik

- Tulis kisah singkat lima paragraf tentang bayi Anda

- Cantumkan data diri (nama, nomor telepon, alamat)

** Kami akan memuat foto "Selfie Baby and Daddy" setiap minggu

Artikel Selanjutnya
Raisa-Hamish Daud Wujudkan Pernikahan Impian dalam 5 Bulan Saja
Artikel Selanjutnya
Kehamilan Pertama, Sandra Dewi Lebih Centil