Sukses

Ingin Sehat tapi Enggak Punya Uang, Ini Saran Jusuf Kalla

Merayakan Hari Kesehatan Nasional, Wapres Jusuf Kalla menyampaikan, ada upaya sehat murah yang bisa dilakukan rakyat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Di peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyampaikan agar masyarkat membiasakan hidup sehat. Beragam cara bisa dilakukan agar bisa tetap sehat seperti dengan banyak bergerak, olahraga, dan makan sehat. Serta tidur cukup dan rutin memeriksakan kesehatan.

Cara untuk menjaga kesehatan ternyata ada yang bisa dilakukan dengan murah dan tak perlu mengeluarkan uang. "Obat penting, tapi berolahraga merupakan kebiasaan sehat. Tidak merokok, merupakan upaya kesehatan yang murah," kata JK dalam peringatan HKN di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta pada Minggu (12/11/2017).

JK juga menyinggung mengenai kehadiran rumah sakit di suatu wilayah. Rumah sakit memang penting untuk memberi pengobatan kepada yang sakit, maka setiap rumah sakit harus baik. Namun, akan lebih baik lagi, lanjut JK, jika rumah sakit kosong karena tidak banyak pasien menginap untuk mendapatkan perawatan.

"Negara yang baik yakni negara yang sehat, rumah sakit baik, tapi sepi penghuninya, karena rakyatnya sehat," tutur JK.

Tak cuma itu, bila masyarakat sehat juga memengaruhi dana jaminan kesehatan. Rakyat yang sehat tidak menghabiskan dana jaminan kesehatan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirawat di rumah sakit upaya terakhir

Maka dari itu, JK mengingatkan masyarakat membiasakan hidup sehat sejak anak-anak. Misalnya saat mereka menggambar buah dan sayur, kenalkan juga arti penting mengonsumsi dua makanan tersebut.

Kiat Mencuci Sayur dan Buah yang Aman

"Jaga terus kesehatan dengan membiasakan hidup sehat, istirahat cukup, makan buah sayur, ikan dan berolahraga. Jangan sampai masuk rumah sakit, karena masuk rumah sakit itu upaya terakhir," pesannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini