Sukses

Pahlawan Zaman Now Mestinya Seperti Ini

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyatakan pahlawan zaman sekarang itu yang antikorupsi

 

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyatakan bahwa makna pahlawan zaman now (red: zaman sekarang) adalah mereka yang peduli dengan antikorupsi.

"Kepahlawanan versi generasi sekarang adalah antikorupsi. Mereka harus jujur, peduli, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, sederhana, adil bahkan sabar. Kata terakhir sering terjadi di Indonesia, orang mendapatkan sesuatu dengan tidak sabar. Itu kan nilai yang kami gariskan di KPK," kata Saut di sela-sela upacara peringatan Hari Pahlawan di gedung KPK, Jakarta, Jumat.

Orang yang mendapatkan sesuatu dengan tidak sabar itu sendiri merujuk pada koruptor.

"Kalau orang tidak sabar kemudian melakukan sesuatu, kalau ketemu barang bukti ya dibawa ke depan pengadilan. Kemudian kalau kami di praperadilankan atau apapun bentuknya, itu adalah cara kita untuk lebih "firm" lagi jadi pahlawan antikorupsi. Saya pikir itu pesannya," kata Saut.

Saut pun juga menegaskan bahwa makna pahlawan saat ini adalah tidak boleh takut menghadapi berbagai persoalan.

"Pahlawan itu bahkan ada yang sampai sekarang kurang lebih hampir belasan pahlawan kita yang tidak tahu dimakamkan di mana. Apa yang bisa kita simpulkan dari situ bahwa pahlawan tidak boleh takut," kata dia.

Menurut dia, pahlawan saat ini harus berani jujur, berkorban serta menolong orang lain untuk menciptakan Indonesia lebih sejahtera dan lebih memiliki daya saing.?

"Harus berani menyelam di tempat sedalam-dalamnya walau tanpa tabung oksigen," ungkap Saut. (Benardy Ferdiansyah/AntaraNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini