Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kondom Bisa Membuat Vagina Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Kondom memang bisa dibilang sebagai alat kontrasepsi yang paling mumpuni. Tak hanya bisa mencegah kehamilan, kondom juga bisa menghadang penularan penyakit menular seksual.

Dan sekarang, baru saja diketahui manfaat kondom yang lain: membuat vagina lebih sehat. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal PLos One berdasarkan penelitian yang dilakukan di Tiongkok, melansir Women's Health, Kamis (9/11/2017).

Riset sebelumnya telah menunjukkan, seks tanpa pengaman bisa mengacaukan keamanan vagina. Ini karena seks tanpa mengaman membuat bakteri sehat, seperti lactobacilli, jadi sulit bertahan hidup.

Jadi, untuk mengetahui apakah alat kontrasepsi non-hormonal memiliki pengaruh pada kadar lactobacilli, para peneliti dari Beijing Friendship Hospital memeriksa 164 wanita yang aktif secara seksual dan menggunakan alat kontrasepsi.

Alat kontrasepsi yang digunakan tidak hanya kondom, tapi juga IUD tembaga dan pil KB. Dan ternyata, dibandingkan wanita yang menggunakan IUD dan pil KB, wanita yang menggunakan kondom memiliki kadar bakteri lactobacilli yang lebih tinggi.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Pelindung vagina

Penulis studi mengatakan, kondom berfungsi sebagai pelindung yang mencegah air mani mengacaukan kadar pH alami vagina. Hal ini membuat bakteri sehat bisa terus bertahan.

Bakteri lactobacilli diperlukan oleh vagina untuk mencegah infeksi ragi, infeksi saluran kemih, dan bacterial vaginosis (penyakit inflamasi pelvis yang bisa menurunkan tingkat kesuburan). Bakteri ini bahkan juga bisa melindungi wanita dari kondisi yang lebih serius seperti penyakit menular seksual, HIV, dan kelahiran prematur.

Perlu diingat juga, riset sebelumnya menemukan, lactobacilli diregulasi oleh hormon estrogen. Menggunakan alat kontrasepsi hormonal, seperti Pil KB, implan, dan hormonal IUD, adalah cara lain untuk meningkatkan pertahanan.

Untuk lebih amannya, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda, alat kontrasepsi apa yang paling sesuai.

Artikel Selanjutnya
3 Tips Beri Orgasme Hebat untuk Suami Malam Ini
Artikel Selanjutnya
Penis yang Besar Bukan Jaminan Seks Bakal Menyenangkan