Sukses

Ini Akibatnya bila Kebanyakan Minum Kopi

Ada sebagian orang yang dalam sehari bisa menghabiskan beberapa gelas kopi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan orang, minum kopi menjadi gaya hidup sehari-hari. Bahkan ada sebagian orang yang dalam sehari bisa menghabiskan beberapa gelas kopi. Padahal, kopi mengandung kafein yang memiliki batas untuk dikonsumsi sehari-hari.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dr. Annisa Maloveny, batas aman konsumsi kafein dalam sehari adalah 300 sampai 400 mg. Sementara, secangkir kopi umumnya mengandung kafein sebanyak 100mg.

"Yang harus diperhatikan saat meminum kopi adalah tingkat keenceran dari kopi tersebut. Kalau kopi lebih kental, kadar kafeinnya bisa lebih tinggi," ucap dr Annisa dalam temu media bersama Halodoc pada Kamis (9/11/2017) di kawasan Jakarta Pusat.

Selain itu, harus dilihat pula berapa ukuran gelas setiap kali minum kopi. Dia menjelaskan, ukuran cup untuk minum kopi adalah antara 200 hingga 240ml.

"Kalau sekali minum kopi 500ml, itu sudah dua kali ukuran cup sewajarnya. Selain itu, tehnik pengolahan juga mempengaruhi kadar kafein dalam kopi. Misalnya, kopi yang di filter berbeda dengan yang diolah dengan alat french press," lanjut dia.

 

Simak video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahaya minum kopi berlebihan

Menurut Annisa, orang yang gemar minum kopi sebaiknya memperhatikan asupan makanan lain yang juga mengandung kafein. Jangan sampai, orang tersebut tidak menyadari bahwa dia memiliki asupan kafein berlebih dalam tubuh.

"Selain kopi, banyak juga makanan lain yang mengandung kafein. Misalnya soda dan cokelat. Yang terpenting, perhatikan total asupan kafein dalam sehari jangan lebih dari 300mg," lanjut dia.

Jika asupan kafein dalam tubuh berlebih, hal itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan, diantaranya gangguan menstruasi, menaikkan tekanan darah, denyut jantung meningkat dan asam urat.

Selain itu, Annisa juga mengimbau untuk tidak menambahkan gula ke dalam kopi yang Anda minum. "Harus diperhatikan jika menambahkan gula dan susu ke dalam kopi karena akan menambah banyak kalori. Ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.