Sukses

Lelah Setelah Pesta, Pengantin Baru Kudu Minum Jamu Ini

Liputan6.com, Jakarta Acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mungkin telah usai. Namun, sisa-sisa keletihan setelah kesibukan beberapa hari sebelum dan sesudahnya tentu masih ada.

Seperti halnya putri Presiden Jokowi ini, ada banyak pengantin baru lain yang kerap merasa lelah setelah acara pernikahan berlangsung. Dan untuk mengatasi kelelahan ini, sebenarnya ada cara alami dan menyehatkan, yakni minum jamu.

Seperti disampaikan Dokter herbal, dr. Prapti Utami, jamu merupakan minuman asli Indonesia yang sudah dikenal sejak lama. Dibuat dari berbagai bahan alami, jamu dipercaya bisa menyehatkan tubuh.

"Secara umum, jamu bisa diminum siapa saja. Tapi dalam kasus pengantin baru, mereka pasti capek karena seharian atau bahkan dua hingga tiga hari sebelumnya mengurus ini dan itu, belum lagi selanjutnya mereka harus melanjutkan kehidupan," katanya, saat dihubungi Health-Liputan6.com, Kamis (9/11/2017).

Menurut Prapti, tidak ada jamu khusus untuk pengantin baru, tapi pengantin baru bisa meminum jamu seperti jahe dan sereh untuk menambah stamina dan membuat tubuh hangat.

Selain jahe, kencur juga dinilai bisa meningkatkan stamina. Begitu pun dengan kunyit untuk mengurangi lelah dan nyeri sendi. 

 

 Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Cara membuat minum jahe

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pasangan tinggal menyiapkan jahe, sereh, air secukupnya dan gula merah.

"Rebus airnya lebih dulu, untuk 2 porsi kira-kira airnya 600cc. Setelah mendidih, siapkan 3 batang jahe yang sudah dicuci bersih digeprek agar mengeluarkan zat aktif atau diiris setipis mungkin. Setelah itu, dimasukkan ke dalam air mendidih lalu kecilkan api. Tunggu sekitar 10 menit, matikan api. Setelah itu, bisa masukkan gula merah atau madu serta sereh," kata Prapti.

Ramuan ini, kata Prapti, bukan hanya ampuh menangkis kelelahan, tapi juga mencegah flu. Hanya minumnya perlu dilakukan rutin, paling sedikit lima hari dalam seminggu atau dua hari sekali.

 

Artikel Selanjutnya
Resep Panjang Umur Orang-Orang Berusia 100 Tahun Lebih
Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?