Sukses

Intip Cara Terbaik Menyeduh Kopi dari Ahlinya

Anda suka bikin kopi, cari tahu apakah Anda sudah membuat kopi dengan cara terbaik atau belum.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, semakin banyak orang yang gemar minum kopi. Tak hanya menikmati kopi di kedai dan coffee shop, kini semakin banyak penggemar kopi yang membuat kopinya sendiri. Agar kopi buatan sendiri tak kalah enak dengan kopi yang dijual coffee shop, seperti apakah cara terbaik untuk membuatnya?

Penggagas gerakan ngopi di kantor menjelaskan cara terbaik untuk membuat kopi, yaitu untuk membuat kopi segar dan menghindari kopi saset.

"Cara terbaik minum kopi itu ya dimulai dari biji kopi dan digiling sebelum dibuat, itu untuk membuat kopi segar," ucap Aji Yuliarto, salah satu penggagas ngopi di kantor saat berbincang di SCTV Tower pada Selasa (7/11/2017).

Selain untuk membuat kopi lebih enak, menggiling sendiri biji kopi dilakukan untuk memastikan bahwa yang Anda minum benar-benar biji kopi.

"Ketika kita beli kopi bubuk, kita enggak tahu apa bubuknya sudah dicampur dengan zat adiktif yang lain," papar pria yang bekerja sebagai desainer di salah satu majalah ini.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kopi harus diukur dan terukur

Selain menggiling biji kopi, dia juga menjelaskan bahwa kopi yang enak harus dibuat dengan diukur dan secara terukur.

"Untuk bikin kopi enak, kita harus tahu dulu karakter kopinya. Misalkan dari segi tingkat rasa pahit dan asam. Biasanya itu sudah dideskripsikan di kantongnya. Selain itu, penting untuk memastikan teknik menggiling, suhu, lama penyeduhan itu harus tepat," paparnya.

Bagi dia, membuat kopi sendiri memberikan pengalaman tersendiri. Dia mengaku mendapatkan petualangan rasa dari secangkir kopi.

"Karena dengan kopi yang sama, kita bisa mendapatkan rasa yang berbeda dari alat dan teknik pembuatan yang berbeda," ucap dia.

Untuk membuat kopi secara manual, Aji biasanya menggunakan beberapa jenis alat, seperti V60, kalita wave, french press, vietnam drip, chemex dan aero press.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini