Sukses

Jan Ethes Tak Rewel Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes, belum genap dua tahun umurnya. Anak dari putra pertama sang Presiden, Gibran Rakabuming Raka, ini tentunya hadir dalam pernikahan sang tante, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution yang berlangsung hari ini Rabu (8/11/2017).

Namun, membawa balita seperti Jan Ethes ke pesta pernikahan seperti Kahiyang-Bobby tentu bukanlah perkara mudah. Pesta yang ramai dan bising tentu bisa membuat balita merasa tidak nyaman. Anak-anak di bawah usia 5 tahun cenderung belum bisa mengontrol emosi mereka, sehingga bisa berpotensi tantrum.

Belum lagi, upacara dan perayaan Kahiyang Ayu, putri semata wayang sang Presiden, akan terus berlangsung sampai nanti malam. Pastinya akan melelahkan.

Lalu, apa yang bisa dilakukan orangtua untuk menghibur balita seperti Jan Ethes saat harus menghadiri pesta atau tempat ramai lainnya?

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa diikuti oleh Gibran dan Selfi Ananda, istrinya, untuk menghibur Jan Ethes:

1. Buat tempat khusus anak-anak

Mengutip Parenting, Rosie Pop, penulis buku Mommy IQ: The Complete Guide to Pregnancy, menyarankan agar orangtua menyediakan area khusus anak-anak.

Lengkapi area ini dengan beberapa mainan yang aman, yang bisa mengalihkan perhatian si kecil dari kerewelannya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

2. Beri camilan

Mengutip The Knot, anak-anak bisa jadi rewel di pesta pernikahan karena mereka merasa tidak mendapat perhatian cukup. Orangtua bisa menghibur mereka dengan memberi camilan.

Namun, pilih camilan yang tidak akan membuat berantakan dan tidak tinggi gula.

3. Bawa mainan kesukaan

Setiap anak biasanya memiliki mainan favorit, bisa boneka, action figure, atau mainan yang mengeluarkan beraneka bunyi.

Saat akan menghadiri pesta pernikahan, pastikan Anda membawa mainan kesayangan anak. Bahkan jika memungkinkan, dan acaranya akan panjang, silakan bawa lebih dari satu.

 

2 dari 3 halaman

4. Tidur siang

Saat mengantuk, anak-anak, terutama balita, cenderung jadi rewel. Orangtua harus memastikan anak cukup tidur, atau bisa tidur saat ia lelah.

Untuk balita seperti Jan Ethes, dia masih bisa tidur sambil dipangku oleh orangtua atau pengasuhnya. Sedangkan untuk anak-anak yang lebih besar, orangtua sebaiknya mencari ruangan yang tenang yang memungkinkan anaknya tidur untuk beberapa saat agar lebih segar dan ceria.

5. Sewa babysitter

Jika pernikahan yang Anda datangi adalah pernikahan keluarga sendiri, ada baiknya menyewa atau membawa pengasuh profesional untuk anak. Terutama jika anak masih berusia sangat muda.

Babysitter bisa memastikan anak selalu diawasi dan bisa membantu menghibur ketika mereka mulai rewel. Sementara itu, orangtua bisa melakukan tugasnya atau tujuannya ada di pesta pernikahan tersebut.