Saban Lima Bulan, Kutil "Manusia Akar" Tumbuh

  • Berita
  • 0
  • 12 Jan 2011 13:39

110105adede-kutil.jpg

Liputan6.com, Bandung: Penderitaan Dede Koswara belumlah berakhir. Sebab, tanduk atau kutil yang tumbuh di kedua telapak tangan dan kaki lelaki berusia 36 tahun yang dijuluki "Manusia Akar" itu akan menebal atau tumbuh kembali setiap lima bulan. Demikian diungkapkan Ketua Penanganan Operasi Dede, dokter Rahmat Dinata, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/1).

Dokter Rahmat menjelaskan, karena mengalami penebalan setiap lima bulan sekali maka cara untuk menghilangkan kutil di kedua telapak tangan dan kaki ialah dengan jalan operasi. "Dede mengeluh, jari-jari di kedua telapak tangannya tidak bisa digerakkan dan begitu pun dengan kakinya. Sehingga cara supaya dia bisa bebas bergerak lagi yaitu dengan ditipiskan kembali melalui proses operasi ini," ujar Rahmat.

Menurut sang dokter, hingga saat ini belum ada obat yang bisa menghilangkan kutil di tubuh Dede. Ia mengungkapkan pula, untuk menghilangkan kutil pada tubuh Dede, tim dokter sebelumnya sudah memberikan tiga jenis obat berbeda kepadanya. "Yakni, Cidovovir, Acitretin (jenis tablet) Visuit (serbuk), tapi tidak ada hasilnya," katanya.

Pada operasi pengangkatan kutil yang ke-14 kalinya, tim dokter berhasil mengangkat 2,25 kilogram kutil dari kedua telapak tangan Dede Koswara. Lebih jauh Rahmat Dinata mengatakan, secara keseluruhan tim medis tidak menemukan kendala dalam operasi pengangkatan kutil di kedua tangan Dede. Untuk proses operasi sendiri, kata Dr Hardisiswo, berjalan sekitar dua jam. "Operasinya sendiri berlangsung dua jam lebih. Pukul 09.00 WIB masuk ruang operasi pukul 11.00 WIB selesai," katanya [baca: Dede "Manusia Akar" Akan Dioperasi Lagi].(ANS/Ant)

Terpopuler