Sukses

Jokowi dan Iriana, Siapa yang Lebih Berat Lepas Kahiyang Menikah?

Liputan6.com, Jakarta Prosesi ijab kabul antara Kahiyang Ayu - Bobby Nasution telah berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Solo. Keduanya kini sah menjadi pasangan suami istri.

Dalam pernikahan ini, Jokowi bertindak sebagai wali dari putrinya. Sebagai seorang ayah yang menikahkan putri satu-satunya, pastinya Jokowi merasa berat untuk melepaskan sang putri. Meski begitu, siapakah yang akan merasa lebih kehilangan sosok Kahiyang, Jokowi atau Iriana?

Menurut psikolog Anna Dauhan, dalam melepas anak perempuan menikah, orang tua pastinya merasa kehilangan. Namun, mengenai siapa yang lebih merasa kehilangan, hal ini tergantung pada hubungan anak dan kedua orangtua.

"Sebenarnya ini tergantung dari hubungan anak dan orangtuanya. Biasanya, yang lebih merasa kehilangan adalah yang memiliki hubungan emosi lebih dekat dengan anak yang akan menikah," ucap Anna saat dihubungi pada Rabu (8/11/2017).

Lebih lanjut Anna menjelaskan, jika anak lebih dekat hubungan emosinya dengan sang ibu, kemungkinan ibu yang akan merasa kehilangan. Sebaliknya, jika anak lebih dekat dengan ayah, maka ayahlah yang akan lebih merasa kehilangan.

"Hanya saja, karena dalam banyak kasus, anak perempuan lebih dekat dengan Ibu, seringkali para ibu ini yang lebih merasa kehilangan apabila anak perempuannya menikah," ucap psikolog dari rumah konsultasi dan pusat informasi TigaGenerasi Jakarta ini.

Jika dilihat dari hubungan Kahiyang dengan Iriana dan Jokowi, keduanya mungkin akan merasa kehilangan. Namun, jika dilihat dari gladi resik ijab kabul yang dilakukan pada Selasa (7/11/2017) sore, kemungkinan besar Jokowi-lah yang akan lebih merasa kehilangan.

Hal ini terlihat dari sikap Jokowi yang dalam beberapa kesempatan berusaha tegar menahan haru. Terutama ketika prosesi sungkeman.

Jokowi mengakui, dia dan Iriana terharu karena Kahiyang adalah putri semata wayangnya, yang tak pernah lepas dari sisinya.

"Apa pun, Kahiyang ini sudah dari kecil sampai besar setiap hari bersama di rumah, dan besok (hari ini) Insyaallah setelah ijab kabul sudah mandiri membangun keluarga sendiri," kata Jokowi.

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sah menjadi suami istri

Pagi ini, Bobby Nasution telah mengucapkan ijab kabul. Acara tersebut dimulai pukul 08.50 WIB. Keduanya sah menjadi pasangan suami istri.

Kahiyang Ayu tampak anggun dan cantik dengan menggunakan kebaya tradisional berwarna hitam bermotif emas. Model yang sama dikenakan oleh sang calon mempelai pria, Bobby Nasution.

Sebelum proses ijab kabul berlangsung, kedua pihak keluarga mempelai memberikan sambutan. Usai itu, prosesi akad nikah pun dilangsungkan.

Dalam akad nikah ini, Jokowi bertindak sebagai wali dari putrinya, Kahiyang Ayu. Sementara saksi dari pihak Kahiyang Ayu adalah Jusuf Kalla dan Maruf Amin. Untuk saksi dari mempelai pria, yaitu Syafii Maarif dan Darmin Nasution.

Proses ijab kabul dipandu oleh Basir selaku Kepala KUA Banjarsari. Jokowi tampak duduk di samping pejabat KUA tersebut. Mahar pernikahan yang diserahkan Bobby berupa perlengkapan alat salat dan emas 80 gram.

Setelah menjalani ijab kabul, Jokowi akan menggelar resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby pada siang hari. Acara tersebut akan dibagi dalam dua sesi. Pertama berlangsung pukul 10.30 WIB hingga 11.30 WIB dan kedua pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Pada malam hari, resepsi pernikahan juga digelar dua sesi. Pertama pada pukul 18.30 WIB hingga 19.30 WIB dan kedua pada pukul 20.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Para tamu undangan yang hadir dalam resepsi Kahiyang-Bobby akan mendapat suvenir atau kenang-kenangan dari Kahiyang-Bobby. Salah satu yang akan diberikan sebagai suvenir adalah kotak grafir kaca. Suvenir ini merupakan buah karya seorang seniman asal Solo, Jawa Tengah.