Sukses

Minuman Ini Bantu Lancarkan BAB di Pagi Hari

Pernah merasa sulit buang air besar di pagi hari? Mungkin Anda bisa mencoba mengonsumsi secangkir kopi.

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa sulit buang air besar di pagi hari? Mungkin Anda bisa mencoba mengonsumsi secangkir kopi.

Menurut Direktur Pusat Kesehatan Pencernaan di Georgia Regents University, Satish Rao, MD, PhD, kopi dapat meningkatkan kontraksi di usus, sehingga feses dapat mudah keluar ke rektrum.

Rao bahkan penasaran menguji manfaat kopi ini. Dua dekade lalu, dia dan timnya merekrut 12 orang untuk mengukur rektrum selama 10 jam. Setiap orang diberikan stimulasi yang berbeda seperti berkafein, kopi tanpa kafein, air hangat, dan makanan 1.000 kalori seperti burger di pagi hari.

Hasilnya, kopi berkafein ternyata memiliki 60 persen dorongan kuat rektrum dibandingkan kopi tanpa kafein yang hanya 23 persen.

"Hanya beberapa menit setelah Anda meneguk kopi, satu atau lebih dari ratusan senyawa memicu produksi hormon tertentu seperti motilin dalam tubuh Anda. Hormon inilah yang merangsang kontraksi yang menyebabkan sekresi asam dalam perut Anda. Saat itulah buang kotoran jadi lebih mudah," ucap Rao.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai macam manfaat kopi

Kopi telah ditemukan dapat mengurangi risiko sirosis atau penyakit hati terkait alkohol, yang dapat menyebabkan kanker dan gagal hati.

Satu studi menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang diminum per hari, akan mengurangi 22 persen risiko sirosis alkoholik. Penelitian terbaru dari Italia juga menyimpulkan bahwa minum kopi dapat mengurangi kemungkinan risiko kanker hati sebesar 40 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.