Sukses

Malam Terakhir Kahiyang Ayu Jadi Gadis Lajang

Satu per satu proses pernikahan sudah dilakukan Kahiyang Ayu bersama calon suami. Ini menjadi malam terakhir Kahiyang jadi gadis lajang

Liputan6.com, Jakarta Semua prosesi jelang pernikahan sudah dijalankan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Setelah pemasangan bleketepe pada pukul 08.00 pagi, kedua calon mempelai melanjutkan prosesi siraman dan sadeyan dawet di kediaman masing-masing.

Kahiyang Ayu di kediawan Presiden Joko Widodo dan calon mempelai laki-laki di salah satu hotel berbintang di Kota Solo.

Rangkaian acara berikutnya adalah serah terima peningset. Prosesi yang juga sakral ini merupakan simbol pengukuhan niat calon mempelai pria meminang Kahiyang Ayu menjadi istri.

Bobby ditemani sanak keluarga akan membawa seserahan ke kediaman pihak perempuan. Saat serah terima peningset dilakukan, Kahiyang Ayu tidak diizinkan menemui keluarga besar calon suami karena sedang dipingit.

Puncak dari seluruh rangkaian prosesi jelang pernikahan untuk hari ini adalah malam midodareni. Ini menandakan bahwa malam ini menjadi malam terakhir Kahiyang Ayu berstatus gadis lanjang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kahiyang Ayu Sebentar Lagi Menjadi Istri

Tidak lama lagi status alumnus Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, menjadi Nyonya Bobby Nasution. Ijab qabul yang rencananya dilakukan pada pukul 09.00 WIB, esok akan digelar di Gedung Graha Saba Buwana, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi meminta Wapres Jusuf Kalla sebagai saksi akad nikah dari pihak keluarga Kahiyang Ayu. Dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi saksi akad nikah keluarga Bobby Nasution.

Resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby dilakukan di tempat yang sama pada pukul 10.30 sampai 13.00 WIB untuk beberapa ribu undangan kloter pertama. Resepsi yang kedua dilanjutkan malam harinya, kira-kira pukul 18.30 sampai 21.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

8.000 Undangan untuk Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Sebanyak 8.000 surat undangan pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution sudah disebar. Dari pejabat negara sampai pesohor negeri ini kemungkinan hadir di resepsi putri semata wayang Presiden Joko Widodo dan Iriana ini.

Kahiyang dan Bobby sepakat tidak menerima sumbangan dalam bentuk apa pun. Baik itu kado barang yang biasa diberikan kepada mempelai, maupun amplop. Keterangan itu tertulis di secarik kertas warna merah marun yang diselipkan di undangan. Di bagian kanan terdapat kartu penukar suvenir.

"Mohon untuk membawa kartu ini sebagai akses masuk gedung," kalimat ini tertulis di bagian atas.

"Dengan tanpa mengurangi rasa hormat, mohon maaf, kami tidak menerima sumbangan dengan bentuk apa pun," kalimat ini tertulis di bagian bawah.

Menurut Guru Besar Psikologi Politik Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, sudah benar yang dilakukan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Keterangan itu bukan untuk menyombongkan diri karena dia anak dari seorang Presiden Republik Indonesia.

"Keluarga Pak Presiden ini sudah memberikan contoh yang benar. Ditakutkan kado itu sesuatu yang ditafsirkan gratifikasi. Kita harus paham soal itu," kata Hamdi saat dihubungi Health Liputan6.com pada Senin, 6 November 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.