Sukses

6 Jurus Bebas Stres Jelang Hari Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Beberapa jam jelang mengikat janji suci pernikahan, stres kerap melanda. 'Aduh nanti bakal ingat janji nikahnya enggak ya', 'Aku takut kalau jatuh pakai heels tinggi ini', 'Kalau pas masang cincin enggak masuk-masuk jarinya, bagaimana dong'. 

Seabrek hal bisa membuat calon pengantin stres jelang pernikahannya. Bagi Anda yang bakal menikah sebentar lagi seperti Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi stres, mengutip Martha Stewart Weddings, Selasa (7/11/2017).

1. Biarkan muncul sedikit perasaan khawatir

Tidak apa-apa untuk merasa sedikit gelisah, cemas atau khawatir jelang pernikahan. Itu adalah perasaan yang normal dirasakan calon pengantin.

"Masyarakat kerap meyakini bahwa pernikahan adalah hal yang membahagiakan. Namun dibalik itu ada rasa cemas. Wajar karena Anda bakal melakukan sebuah pernjanjian komitmen seumur hidup," kata konselor pernikahan Sheryl Paul.

2. Cari tahu pemicu stres

Beberapa jam jelang pernikahan, tingkat stres calon pengantin meningkat. Sayangnya, tidak semua calon pengantin mampu melihat secara jelas permasalahnnya. Konsultan pernikahan Jeri Kadison mengatakan untuk mencari tahu pemicu stres.

"Coba tanyakan pada diri sendiri, 'Apa sumber stres? dan 'Bagaimana cara mengelolanya'. Persiapan dan kesadaran diri adalah kunci," kata konselor pernikahan Jeri.

3. Tarik napas dalam

Ketika ada banyak hal yang berkecamuk dalam pikiran, coba lepaskan itu semua. Lalu, perlahan fokus bernapas. Tarik napas dalam, lalu keluarkan. Cara ini efektif memperlambat detak jantung dan membuat rileks otot-otot.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Cium aroma menenangkan

4. Cium aroma menenangkan

Pasti Anda punya aroma tertentu yang menenangkan. Tak harus parfum atau aroma terapi tertentu. Ada yang mencium aroma kopi dan teh bisa tenang.

5. Tetap jalin komunikasi dengan pasangan

Beberapa jam jelang akad nikah atau janji di depan pemuka agama tetap jalin komunikasi dengan pasangan. Sampaikan padanya kegelisahan yang dirasakan. "Jika Anda berdua bisa mengatasi kegelisahan tersebut, sebuah pertanda baik bagi kehidupan pernikahan nantinya," kata Paul.

6. Ucapkan mantra ini

Tutup mata, lalu menarik napas dalam-dalam sambil berpikir hal-hal positif. Bisa juga sambil mengatakan: "Aku baik-baik saja", "semua akan berjalan lancar". Kalimat mantra di atas efektif digunakan yogi dan biarawan untuk mendapatkan ketenangan.

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
Berapa Banyak Pasangan Langsung Bercinta di Malam Pertama?