Sukses

Begini Cara Memberi Tahu Anak Soal Efek Buruk Ponsel

Ada sembilan cara yang dapat ditempuh oleh orangtua saat mendampingi anak di era digital.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak yang lahir di era digital tak pernah lepas dari benda-benda yang berhubungan dengan teknologi. Tak bisa dipungkiri, hadirnya benda seperti tablet yang merupakan gabungan antara komputer dan ponsel bisa membawa manfaat yang sangat besar.

Meski begitu, kehadiran teknologi juga bisa memberikan dampak negatif bagi anak-anak. Sehingga perlu peran orang tua dalam hal ini mempersiapkan anak menghadapi zamannya.

Dinukil dari Buku Saku Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak Di Era Digital yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan, setidaknya ada sembilan cara yang dapat ditempuh oleh orang tua saat mendampingi anak di era digital.

Berikut poin-poin yang disampaikan:

1. Tambah Pengetahuan Anda

Sulit untuk menetapkan peraturan bila Anda sebagai orang tua tidak mengerti apa itu blog atau bagaimana menggunakan twitter atau facebook. Luangkan waktu untuk melihat situs yang pernah dikunjungi anak.

2. Mengarahkan Penggunaan Perangkat dan Media Digital dengan Jelas

Jika anak sudah terpapar perangkat digital, lebih baik untuk mengarahkan dengan komunikasi efektif untuk memutuskan berapa lama dan kapan mereka dapat menggunakannya. Sepakati waktu penggunaan dan waktu untuk berhenti memanfaatkan perangkat media digital di malam hari.

3. Imbangi Waktu Menggunakan Media Digital dengan Interaksi di Dunia Maya

Orang tua dapat mengimbangi paparan media digital dengan mengenalkan pengalaman dunia nyata seperti aktivitas berkesenian, kegiatan luar ruangan, olahraga, membaca interaktif, musik dan gerakan, permainan tradisional dan sebagainya kepada anak.

4. Pinjamkan Anak Perangkat Digital Sesuai Keperluan

Pinjamkan anak perangkat digital seperti ipod, telepon pintar dan komputer agar mereka bisa belajar mengendalikan diri dan belajar menggunakannya bersama keluarga.

5. Pilihkan Program atau Aplikasi Positif

Orang tua perlu mengidentifikasi program atau aplikasi yang memiliki edukasi dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Mendampingi dan Meningkatkan Interaksi

Orangtua perlu mendampingi dan berinteraksi dengan anak selama penggunaan media digital. Dampingi selalu anak saat berselancar dunia maya dan gunakan satu perangkat digital pada kesempatan yang sama sebagai aktivitas keluarga.

7. Gunakan Perangkat Digital Secara Bijaksana

Orangtua memegang peranan utama dalam mengontrol penggunaan perangkat digital pada anak. Karena itu, orangtua perlu bijaksana menggunakan perangkat digital selama berinteraksi dengan anak.

Orangtua yang kurang bijaksana menggunakan perangkat digital menjadi lebih kasar atau mengabaikan anak dan lebih konsentrasi menggunakan perangkat digitalnya.Hindari menggunakan perangkat digital sebelum tidur. Bangun kedekatan dengan anak sebelum tidur dengan membacakan dongeng untuk si buah hati.

8. Aktivitas Dunia Maya

Komunikasi jarak jauh, membaca berita, melihat gambar dan video, merupakan kegiatan dunia maya, saat inilah yang tepat untuk mempersiapkan anak berkunjung ke dunia maya. Dampingi anak dan beri tahu anak mana informasi yang baik dan tidak baik untuk dicerna anak-anak.

9. Telusuri Aktvitas Anak di Dunia Maya

Anda dapat mengawasi situs web yang pernah dikunjungi, dan pastikan anak Anda tidak mengunjungi situs yang tidak sesuai dengan usia. Saat ini telah terdapat program piranti lunak penyaring (web-filtering) yang dapat membantu orang tua dalam melakukan scan ataupun mem-blok alamat website yang mengandung fitur yang tidak sesuai dengan perkembangan anak. (Huyogo Simbolon)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.