Sukses

Kebanyakan Makan Gula, Cepat-Cepat Lakukan Ini

Setelah terlalu banyak makan gula, lakukan beberapa cara ini untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang melarang Anda makan manis atau mengonsumsi gula. Namun, jika terlalu banyak, efeknya bisa berbahaya untuk tubuh.

Tidak hanya memberikan tambahan kalori, mengonsumsi terlalu banyak gula akan bikin tubuh bereaksi keras. Anda mungkin akan mengalami sakit perut, gemetaran, atau jadi lemas.

Direktur Makanan dan Nutrisi di Cooking Light, Brierlye Horton, MS, RD, menjelaskan, "Ketika Anda makan terlalu banyak gula, tubuh akan memecah gula jadi glukosa, yang kemudian dilepaskan dalam aliran darah. Sebagai respons, tubuh akan melepaskan insulin untuk membantu menurunkan kadar gula darah, dan membantu sel membersihkannya. Sisa gula yang tidak digunakan akan disimpan sebagai lemak."

Makan terlalu banyak gula akan membuat kadar gula darah meningkat, akibatnya Anda jadi lapar dan menginginkan lebih banyak makanan manis.

Melansir Health, Senin (6/1/2017), berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah makan terlalu banyak gula:

1. Konsumsi protein dan serat

Stabilkan kadar gula darah Anda dengan mengonsumsi protein dan serat. Jika tidak, kadar gula darah akan terus meningkat sehingga Anda akan terus merasa lapar, dan ingin makan lagi.

Pilihan yang bagus adalah apel, telur rebus, atau sayuran.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Taklukkan stres

Delapan puluh persen orang mengatakan, mereka makan lebih banyak makanan manis saat stres. Sebuah studi baru dari University of California, Davis, menemukan, jika wanita yang sedang stres minum minuman manis, kadar stres mereka menurun.

Jadi, menaklukkan stres bisa mengurangi keinginan memakan camilan manis.

3. Persiapkan makanan sehat

Makan manis membuat Anda menginginkan makanan yang tidak sehat. Siapkan makanan sehat, agar nanti Anda tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk tubuh.

4. Konsumsi probiotik

Sebuah studi baru dari Oregon State University menunjukkan, bakteri buruk di usus tumbuh subur akibat gula, dan hal ini bisa memengaruhi fungsi kognitif Anda.

Lain kali, saat Anda kebanyakan makan gula, cobalah untuk minum probiotik atau makan yoghurt yunani untuk menambahkan bakteri baik ke dalam usus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.