Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Waspada, Ini 3 Bahaya Gunakan Kondom Kedaluwarsa

Liputan6.com, Jakarta Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling sederhana dan menguntungkan. Selain mencegah kehamilan, kondom juga mencegah penyakit menular seksual. Namun, pernahkah Anda perhatikan tanggal kedaluwarsa kondom?

Sangat penting untuk memperhatikan kedaluwarsa kondom untuk keamanan. Baik dari segi kesehatan maupun kehamilan. Seksolog Dr V Raina mencoba menjelaskan bagaimana kondom kedaluwarsa bisa memicu masalah dalam hubungan dari mulai PMS hingga kehamilan.

Kondom terbuat dari apa?

Pada dasarnya kondom dapat dibuat dari tiga jenis bahan yaitu lateks, poliuretan, atau kulit domba, melansir laman The Healthsite, Minggu (5/11/2017).

Pilihan bahan poliuretan biasanya digunakan untuk mereka yang memiliki alergi lateks. Sedangkan kondom yang terbuat dari kulit domba memiliki kelebihan tersendiri, kondom lebih lembut ketimbang keduanya. Namun ketiga jenis bahan ini memiliki usia masing-masing.

Kondom lateks mampu bertahan hingga lima tahun, tergantung pada pelumasan dan spermisida. Selain itu penyimpanannya juga perlu diperhatikan. Menyimpan kondom di ruangan yang terpapar langsung sinar matahari akan membuatnya tak bertahan lama. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

 

1 dari 2 halaman

Bahaya kondom kedaluwarsa

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kondom memiliki ketahanannya masing-masing, tergantung dari bahan dasarnya. Berikut bahaya menggunakan kondom kedaluwarsa:

1. Kehamilan yang tak diinginkan

Kondom umumnya digunakan untuk mencegah kehamilan, namun kedaluwarsa akan membuat kehamilan mudah terjadi. Bentuk kondom yang rapuh akan membuat celah lubang kecil, kondom bocor sehingga sperma mudah keluar.

2. PMS

Sama halnya dengan kehamilan. Kondom yang bocor akan membuat penyakit menular seksual mudah terjadi. Kondom kedaluwarsa akan membuat daya tahan dan fleksibilitasnya menurun. Ini akan membuat virus mudah menular melalui hubungan seksual.

3. Iritasi

Kondom kedaluwarsa akan membuat kelamin rentan iritasi. Bahan kondom yang tak lagi prima akan menyerang kulit kelamin, menimbulkan ruam dan nyeri.

Artikel Selanjutnya
Selain Makanan dan Kosmetik, 5 Benda Ini Juga Bisa Kedaluwarsa
Artikel Selanjutnya
BPOM Buka Suara Tentang Teh Celup Mengandung Racun