Sukses

Sering Bermain dengan Alam Bikin Hidupmu Lebih Bahagia

Rasa bahagia akan muncul saat Anda menikmati pemandangan alam, seperti ruang terbuka hijau.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda fokus melihat pemandangan alam berupa rumput atau bunga yang mekar, maka perasaan biasa menjadi lebih bahagia. Temuan ini menurut para peneliti.

Adanya perasaan bahagia saat melihat pemandangan alam juga dituangkan para penyair dari berbagai abad. Seperti bait puisi dari penyair Inggris abad ke-18 William Blake, yang banyak dikutip.

To see a World in a Grain of Sand/ And a Heaven in a Wild Flower (Melihat Dunia dalam Butir Pasir / dan Langit dengan Bunga Liar).

Bait puisi tersebut menyaratkan, benda-benda terkecil di alam ternyata memiliki keindahan yang tak terbatas.

Peneliti Holli-Anne Passmore dari University of British Columbia's (UBC) Okanagan Campus di Kelowna, Kanada, menemukan, meluangkan waktu sejenak tiap hari memperhatikan dengan alam membuat perasaan lebih bahagia, dilansir dari Medical News Today, Sabtu (4/11/2017).

Hasil penelitian baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek positif dari alam

Dr. Passmore merekrut 395 mahasiswa UBC, yang kemudian dibagi secara acak menjadi tiga kelompok. Satu kelompok diminta mengambil foto benda-benda alam atau pemandangan yang menarik perhatian, seperti matahari terbenam. Lalu mencatat perasaan saat melihat hal tersebut.

Kelompok kedua diminta melakukan hal yang sama tapi memusatkan perhatian pada benda buatan manusia, seperti bangunan, atau mesin. Sementara itu, kelompok ketiga tidak diharuskan melakukan tindakan apapun.

Peserta mengirimkan lebih dari 2.500 foto dan catatan tertulis. Passmore menemukan, peserta yang telah terlibat dalam tugas pengamatan alam merasa lebih bahagia. Mereka juga lebih terbuka terhadap kontak sosia.

Penelitian sebelumnya menemukan, individu yang tinggal di daerah yang lebih banyak ruang hijau punya kesehatan mental yang lebih baik. Bahkan mereka mungkin rata-rata bisa hidup lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.