Sukses

Banyak Cara Telah Dilakukan, Kenapa ASI Keluar Hanya Sedikit?

Sedikit banyaknya ASI berkaitan dengan faktor psikis dan kesehatan ibu.

Liputan6.com, Jakarta Banyak kekhawatiran ibu baru tidak bisa memberikan ASI ekslusif selama enam bulan karena produksi air susu ibu yang sedikit. Belum lagi kekecewaan karena melihat teman lain yang bisa menyimpan ASI hingga puluhan botol di lemari es.

Menanggapi hal tersebut, dr. Boy Abidin, SpOG mengatakan, sebaiknya ibu baru tidak perlu khawatir karena pada prinsipnya produksi ASI ibu disesuaikan oleh kebutuhan bayi.

"Ibu yang memiliki bayi prematur biasanya memiliki ASI banyak supaya anaknya lebih besar. Begitu pun dengan ibu dengan bayi kembar karena kebutuhannya untuk dua anak. Jadi jangan khawatir, sedikit ASI mungkin memang segitu kebutuhan bayinya," ujar dokter yang pernah menggantikan peran Ryan Thamrin di DR OZ Indonesia tersebut saat media visit di SCTV Tower, ditulis Rabu (1/11/2017).

Menurut dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading ini juga mengingatkan, sedikit banyaknya ASI berkaitan dengan faktor psikis dan kesehatan ibu. Dan hal ini tidak berkaitan dengan riwayat atau keturunan keluarga. Jadi, apabila ibu merasa memiliki masalah ASI, bisa mengungjungi klinik laktasi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.