Sukses

Kantor Jauh dari Rumah, Hati-Hati Jadi Gemuk

Waktu tersita di jalan membuat orang yang jarak rumah ke kantor jauh rentan gemuk.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan panjang dari rumah ke kantor cenderung meningkatkan berat badan alias menjadi gemuk. Keterbatasan waktu membuat orang tak punya banyak waktu membuat makanan sehat, ditambah perjalanan panjang menyita waktu untuk berolahraga.

Sekitar 38 persen partisipan riset yang dilakukan The Royal Society for Public Health (RSPH) Inggris mengungkapkan, mereka tidak punya waktu mempersiapkan bekal makanan sehat di rumah. Dalam perjalanan berangkat atau pulang ke kantor para commuter cenderung memilih makanan tidak sehat. Seperti makanan yang tinggi lemak dan kalori yang bisa membuat badan jadi gemuk. 

Selain itu, waktu tempuh rumah ke kantor, pergi dan pulang, menyita waktu hingga dua hingga empat jam per hari sudah membuat lelah. Kalau sudah di rumah rasanya ingin istirahat saja. Sehingga keinginan untuk berolahraga pun tak ada.

Hal ini berkontribusi meningkatkan gula darah dan berat badan. Untungnya ada beberapa strategi sederhana yang membuat perjalanan panjang itu sedikit lebih sehat. Dokter Roshini Rajapaksa dari Amerika Serikat mengatakan sebaiknya memilih untuk berdiri daripada duduk saat di bus atau kereta. 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak jalan kaki

Lalu, usahakan untuk banyak berjalan kaki lebih banyak. Misalnya parkir mobil lebih jauh atau memilih rute keluar dari stasiun dengan rute jalan kaki terjauh. "Jalan kaki adalah cara terbaik bagi commuter untuk meningkatkan aktivitas fisik," kata Rajapaksa mengutip Health, Rabu (1/10/2017).

Selain itu, ahli nutrisi Cynthia Sass menyarankan untuk sarapan sebelum berangkat ke kantor. Pilih makanan yang praktis seperti oat dan kacang almond. Sesampainya di kantor makan telur dan sayur rebus.

"Sarapan begitu berarti dalam memenuhi suasana hati dan energi, jadi penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Banyak klien saya yang merasa lebih mampu menangani stres akibat perjalanan panjang ke kantor," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini