Sukses

Mana yang Lebih Sehat, Kopi Vietnam atau Kopi Thailand?

Anda pencinta kopi, cari tahu mana kopi yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Kopi Vietnam atau Thailand?

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kopi sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya kopi dari nusantara seperti toraja dan gayo, tapi juga kopi dari Asia Tenggara seperti kopi Vietnam dan kopi Thailand. Dari kedua kopi tersebut, manakah yang lebih sehat?

Kopi tradisional Thailand diseduh dengan kacang kedelai, wijen dan jagung. Terkadang, kopi ini juga diseduh bersama kapulaga. Untuk pemanisnya, kopi Thailand biasanya menggunakan susu kental manis, seperti dikutip dari laman Huffington Post, Rabu (1/11/2017).

Sementara, kopi Vietnam lebih identik dengan kandungan susu kental manisnya. Terkadang, kopi Vietnam diseduh dengan sawi putih. Selain itu, kopi ini bisa juga diseduh dengan biji kopi arabica dan robusta.

Dari segi kalori, kopi Vietnam memiliki jumlah kalori lebih tinggi dibandingkan kopi Thailand. Menurut laman Kitchen Sanity, segelas kopi Vietnam memiliki 245 kalori, sementara kopi Thailand hanya mengandung 184 kalori dengan takaran yang sama.

Meski dari segi kalori kopi Thailand lebih unggul, tapi kandungan susu kental manis dalam kedua jenis kopi ini sebaiknya dikurangi. Menurut laman Live Strong, sajian susu kental manis mengandung hampir dua gram lemak.

Lemak dalam susu kental terutama adalah lemak jenuh, yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kardiovaskular. Sejumlah besar lemak jenuh akan masuk ke dalam tubuh saat Anda mengkonsumsi susu kental manis.

Meski begitu, susu kental tetap menjadi pilihan yang lebih baik daripada krimer. Namun sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan susu kental rendah lemak atau bebas lemak sebagai gantinya.

 

Saksikan video menarik berikut :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini