Sukses

Waspada, Banyak Teori Ngaco Soal Kanker Beredar di Internet

Di internet, dari berbagai media yang ada, banyak beredar teori seputar kanker yang salah dan berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Baking soda dapat menyembuhkan kanker payudara dan deodoran dapat memicu kanker payudara, ini adalah beberapa mitos yang seringkali kita dengan dan lihat di media online.

Teori palsu lainnya adalah penderita kanker dilarang mengonsumsi gula dan mamogram dapat menyebabkan sel tumor ganas menyebar ke anatomi tubuh lainnya.

Berita kesehatan yang menyesatkan ini banyak bertebaran di internet.

Macmillan Cancer Support bersama timnya merasa khawatir dengan penderita kanker payudara yang semakin meningkat tiap tahunnya. Mereka lebih suka lari ke google ketimbang memeriksakan diri ke rumah sakit.

Willen McPake, spesialis perawat digital baru Macmillan banyak paiennya yang terjebak dalam berita-berita seputar kanker di internet dan tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ini adalah beberapa ketidakakuratan tentang kanker di internet, seperti yang ditulis Daily Mail, Rabu (1/11/2017).

1. Baking soda menyembuhkan kanker payudara

Teori ini mengklaim, sel kanker tumbuh subur di lungkungan yang asam, zat alkalin seperti baking soda dapat mencegah tumor kanker berkembang.

Sayangnya, baking soda atau diet basa tidak akan mencegah atau menyembuhkan kanker.

Bahkan perwira militer Inggris Naima Houder-Mohammed telah mencoba pengobatan dengan teknik alkali (infus soda) ini dengan mengeluarkan dana hingga ribuan dollar. Nyawanya tetap tak selamat.

2. Deodoran menyebabkan kanker

Beberapa ilmuwan telah mengklaim bahwa senyawa berbasis aluminium pada antiperspirant dapat memicu perkembangan tumor.

Mereka berpendapat senyawa ini dapat terbentuk di jaringan payudara dan menghasilkan beberapa efek mirip estrogen, yang mendorong pertumbuhan kanker.

Faktanya menurut Macmillan Cancer Support adalah bahwa tidak ada bukti substansial yang menyarankan aluminium dapat berkontribusi pada risiko kanker payudara yang lebih besar. Selain itu almunium akan tak bisa diserap oleh kulit.

3. Superfood dapat menghentikan kanker

Teh hijau, macha, acai beri, blueberry disebut sebagai makanan super yang dapat menurunkan risiko kanker.

Definisi 'makanan super' berarti makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan.

Badan amal kanker tersebut mengatakan belum ada bukti jika makanan tersebut dapat menurangi menghentikan kanker. Namun untuk orang yang fokus pada makanan sehat dan olahraga sangat memungkinkan untuk tak terkena kanker.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bra kawat sebabkan kanker?

4. Kanker paru hanya menyerang perokok

Ya, 80-90 persen perokok berisiko kanker paru-paru, namun bukan berarti yang tak merokok akan terhindar dari penyakit ini.

Perokok pasif, menghirup asap rokok juga dapat terkena penyakit ini.

5. Bra kawat berikan peluang kanker payudara

Bra tak dapat menyebabkan kanker payudara. Hanya ada satu studi yang melihat kaitannya antara bra dan kanker payudara. Namun studi ini tak kuat karena tak ada perbandingan antara wanita menggunakan bra dan tidak.

Mitos ini beredar kerana obesitas memberikan risiko kanker paudara. Wanita dengan payudara besar sering menggunaan bra.

6. Pria tak akan kena kanker payudara

Kanker payudara tak hanya mengintai wanita, tapi juga pria. Kanker payudara pada pria menyerang jaringan payudara di balik puting pria. Biasanya penyakit ini menyerang pria usia di atas 60 tahn.

Meski belum pasti diketahui pemicunya, mengapa pria dapat mengalami kanker payudara, tapi yang pasti pria dengan saudara wanita penderita kanker payudara memiliki risiko terkena masalah kesehatan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.