Sukses

6 Bahan Alami Sehatkan Gusi

Pada tahap awal, penyusutan/penipisan gusi dapat diatasi dengan bahan alami

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, kita tidak terlalu peduli terhadap kesehatan gusi. Padahal kondisi gusi yang buruk merupakan tanda terjadinya periodontitis (radang gusi).

Pertumbuhan gigi yang tidak teratur pada gusi di satu area atau lebih karena desakan akar gigi akan mempengaruhi struktur gusi Anda. Pada tahap awal, penyusutan atau penipisan gusi ini dapat Anda obati dengan bahan alami tetapi pada kondisi berat Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Berikut ini merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi terjadinya penipisan gusi dan Anda bisa mencobanya di rumah seperti yang dilansir oleh Boldsky, Selasa (31/10/2017).

1. Tingkatkan asupan vitamin C

Vitamin C penting untuk menjaga kesehatan gusi Anda. Penyusutan gusi dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin C dari buah, seperti jeruk, lemon dan brokoli, atau suplemen vitamin C.

 2. Teh hijau

Peneliti Jepang telah mempelajari efek mengkonsumsi teh hijau terhadap kesehatan mulut. Mereka menemukan, konsumsi satu cangkir teh hijau setiap hari selama beberapa minggu mampu mengurangi kedalaman kantong dalam periodontitis dan juga mampu meningkatkan kesehatan gigi.

3. Benang gigi

Anda bisa membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi setidaknya dua kali seminggu.

Hal ini sangat penting bagi Anda yang mengalami pertumbuhan plak gigi dan karang gigi yang cepat. Kondisi ini akan mempercepat berkembangnya bakteri dalam mulut dan keradangan sehingga membuat gusi Anda menyusut. 

4. Konsumsi asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 banyak ditemukan pada daging ikan, kenari, kedelai, dan telur. Menurut penelitian, mengonsumsi 300mg asam lemak omega-3 setiap hari selama 3 minggu sangat efektif untuk mengurangi kedalaman kantong dan meningkatkan kesehatan gusi Anda.

5. Minyak kelapa dan garam

Anda bisa mengambil satu sendok makan minyak kelapa dan menambahkan sedikit garam. Setelah garam larut dalam minyak, Anda bisa memijat bagian atas gusi dan biarkan selama beberapa menit sebelum Anda membilasnya dengan air tawar. Hal ini akan mengurangi peradangan pada gusi Anda dan membunuh bakteri berbahaya.

6. Gunakan gel lidah buaya

Menurut penelitian, apabila gel lidah buaya dioleskan ke gusi, mampu memperbaiki kesehatan gusi yang melekat pada gigi Anda. Anda bisa mempercepat proses ini dengan menngkonsumsi 100g setiap hari.

7. Mengunyah cengkih

Cengkih mengandung senyawa bernama eugenol, yang merupakan obat ampuh penghilang rasa sakit. Itu sebabnya mengunyah cengkih bisa mengurangi rasa sakit pada gigi meskipun hal ini tidak menghilangkan akar permasalahan. Anda bisa mengunyahnya jika menderita penyusutan gusi. Senyawa yang dilepaskan cengkeh di mulut Anda bisa menyingkirkan bakteri berbahaya dan mengurangi peradangan pada gusi.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.