Sukses

Awas, 7 Kebiasaan Makan Malam Ini Bisa Bikin Gemuk

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak orang mengaku lebih senang makan malam dibandingkan saat lainnya. Alasannya beragam, mulai dari waktu yang lebih panjang dan bisa makan bersama orang tersayang.

Sayangnya, ada beberapa kebiasaan makan malam yang membuat berat badan jadi naik sehingga Anda jadi gemuk. Untuk yang ingin menjaga berat badan, pastikan menghindari tujuh kebiasaan makan malam berikut, melansir Women's Health, Senin (30/10/2017).

1. Makan porsi besar

Selain waktu yang tidak diburu pekerjaan, pilihan menu makan malam dirasa lebih menarik. Tak heran dua aspek ini membuat orang makan lebih banyak dibandingkan pagi atau siang hari.

"Ketika porsi makan malam begitu banyak, sulit bagi tubuh untuk mencerna dan memproses semuanya. Yang tidak diproses akan menjadi lemak yang bakal meningkatkan berat badan," kata ahli gizi, Jaime Mass.

2. Makan tepat sebelum tidur

Jarak antara makan malam dan tidur yang mepet malah membuat seseorang sulit tidur. Padahal, tidur merupakan aspek penting dalam metabolisme tubuh. Mulai dari mengatur kadar gula darah hingga pelepasan energi.

Jika jadwal tidur kacau, metabolisme pun akan kacau. Hal ini bakal membuat berat badan naik.

3. Konsumsi kafein

Selain makan, kebiasaan minum pada malam hari juga memengaruhi berat badan. Minum kopi atau soda pada malam hari bisa mengganggu jam tidur, seperti disampaikan Mass.

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Makan nasi berlebihan

4. Makan pasta, nasi, roti berlebih

Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat pada malam hari membuat gula darah meningkat. Kadar gula darah akan meningkatkan jumlah insulin dalam badan yang akhirnya akan meningkatkan jumlah produksi lemak tubuh, seperti disampaikan Mass.

5. Makan malam sambil menonton TV

Makan sendirian memang paling pas sambil menonton TV. Namun, Anda jadi tidak sadar sudah kenyang atau belum.

6. Menggunakan piring dan sendok saji besar

"Saat makan malam dengan mangkuk serta sendok saji yang besar, membuat makan berlebih jadi tidak bisa dihindari," kata Mass.

7. Konsumsi alkohol

Menenggak alkohol dalam jumlah yang berlebihan bisa menekan hormon kenyang. Alhasil, kondisi ini membuat seseorang jadi makan berlebihan.

Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya
Artikel Selanjutnya
5 Hal Menakutkan yang Terjadi, Bila Anda Tidak Sarapan