Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Catat, Bahaya Kondom Kedaluwarsa

Tahukah Anda bahwa kondom memiliki waktu kedaluwarsa?

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan pasangan memilih untuk menggunakan alat pengaman seksual atau kondom untuk mencegah penyakit menular dan kehamilan yang tidak diinginkan. Namun tahukah Anda bahwa kondom memiliki waktu kedaluwarsa?

Mengutip laman Mens Health, Sabtu (28/10/2017), penting untuk melakukan memeriksa kedaluwarsa kondom sebelum menggunakannya. 

Biasanya, kondom dibuat dari satu dari tiga bahan yaitu lateks, poliuretan, atau kulit domba. "Beberapa orang memiliki alergi lateks, jadi poliuretan adalah pilihan yang sangat bagus," kata Leah Millheiser, M.D. di Stanford University School of Medicine.

"Kondom lateks umumnya bertahan rata-rata lima tahun setelah tanggal pembuatan, tapi ini bisa bervariasi dengan pelumasan dan spermisida," kata Jessica O'Reilly, Ph.D., pembawa acara Sex With Dr. Jess Podcast.

"Daripada menghitung berapa lama mereka akan bertahan, sebaiknya lihat tanggal kedaluwarsa yang tercetak pada kemasannya. Penyimpanan adalah kuncinya. Jika disimpan di dekat panas atau cahaya terang, ini bisa mempersingkat masa simpan mereka," jelasnya.

Millheiser menyarankan untuk memastikan berapa lama kondom Anda bertahan, meskipun dia tahu itu mungkin hal sepele.

"Saya selalu merekomendasikan bahwa saat Anda mendapatkan kondom, Anda memiliki sebuah kotak, cukup tulis dengan tanda di kotaknya, hanya bulan dan tanggal kedaluwarsa untuk mengingatkan Anda," katanya.

"Kebanyakan pria sebenarnya tidak melihat tanggal kedaluwarsa dan tidak memikirkan kondom yang memiliki tanggal kedaluwarsa."

Menurut penelitian, rata-rata pria menghabiskan hanya beberapa detik saat memilih kondom.

Pembaca Seks Kesehatan Pria, Debby Herbenick menjelaskan apa yang harus dicari pria saat memilih kondom.

Dr. Millheiser mengatakan bahwa ini adalah fakta yang diketahui bahwa setelah beberapa lama, kondom menurun. "Ini berarti lebih mudah bagi kondom untuk istirahat dan gagal dalam aktivitas seksual," katanya.

Seiring waktu spermisida dalam kondom bisa kehilangan potensinya, hal ini ditandai lateks dan pelumas bisa mengering, O'Reilly menjelaskan.

Selain kurang efektif, dia mengatakan bahwa kondom kedaluwarsa ini bisa mengiritasi kulit dan organ intim, meningkatkan risiko penularan penyakit menular yang lebih tinggi dan kehamilan yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini