Sukses

Jokowi: Anak Mestinya Tak Hanya Belajar di Dalam Ruangan

Memeringati Hari Sumpah Pemuda, Presiden Jokowi menerima sejumlah perwakilan pemuda-pemudi untuk saling berdiskusi di Istana Bogor

Liputan6.com, Jakarta Memeringati Hari Sumpah Pemuda, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima sejumlah perwakilan pemuda-pemudi untuk saling berdiskusi di Istana Bogor, Sabtu (28/10/2017).

Salah satu hal yang didisksikan cukup menarik diutarakan pemuda bernama Belva dari Ruangguru.com. Dia menyoroti berbagai masalah pendidikan di Indonesia,seperti kurangnya pemerataan pendidikan di daerah dan pulau terpencil.

"Sudah terlalu lama, sistem pendidikan kita tidak berkembang. Sulitnya akses pendidikan juga masih jadi masalah. Sebagai generasi milenial, saya berharap pemerintah pusat bisa membantu sebab selama ini kami hanya berkoordinasi dengan pemerintah daerah," katanya.

Menjawab hal tersebut, Jokowi juga sependapat. "Bahwa anak harus bisa belajar dari mana saja. Kita sudah terlalu lama belajar di dalam ruangan. Saya senengnya 60-40, enam puluh belajar di ruangan, empat puluh di luar ruangan," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga berharap anak-anak masa kini juga dihadapkan pada tantangan dan masalah langsung sesuai level usianya. "Jangan hanya selalu mengerjakan rutinitas yang kita kerjakan bertahun-tahun. Kalau mau berubah, tantangan itu secara cepat bisa dihadapi."

"Anak dihadapkan pada tantangan, masalah, problem riil, sesuai level. Tentu SD , SMP dan SMA berbeda. Kalau ini bisa dikerjakan dengan aplikasi sistem sampai pulau terpencil, pulau terluar, kita bisa berubah," pungkas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.
    Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia Jakarta.

    Sumpah Pemuda

  • Sejak tahun 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan Hari Sumpah Pemuda sebagai hari nasional.

    Hari Sumpah Pemuda