Sukses

Usia 3 Bulan, Bayi Sudah Bisa Apa?

Liputan6.com, Jakarta Seorang bayi akan melalui beberapa tahap perkembangan dari usia 0-12 bulan. Lalu, apa yang sudah dapat dilakukan bayi saat berusia 3 bulan? Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir dari Baby Center, Sabtu (27/10/2017).
 
1. Kemampuan bahasa
 
Anda akan semakin sering mendengarnya mengoceh, sehingga Anda dapat melatihnya dengan sering mengajaknya berbicara dengan bahasa yang ingin dilatih. Anda juga bisa membacakan cerita sebelum tidurnya. Meskipun bayi masih belum memahami artinya, ini bagus untuk membantunya mengembangkan kemampuan bahasa yang baik. 
 
Cobalah untuk mengubah nada suara atau bernyanyi untuk melihat minat bayi. Jika dia melihat ke arah lain atau kehilangan konsentrasi, mungkin ia terlalu terstimulasi atau lelah. Bayi Anda akan senang mendengarkan percakapan Anda. Meski belum bisa mengulangi kata apa pun, ia mulai menyimpan semua informasi dalam ingatannya yang sedang berkembang pesat. 
 
Jika di rumah menggunakan bilingual, pastikan bahwa dia secara teratur mendengar kedua bahasa yang digunakan sejak lahir. Memahami dan berbicara lebih dari satu bahasa akan memperluas kemampuan linguistiknya, dan mengetahui bahasa lain dapat mendukung pengetahuannya tentang bahasa Inggris.
 
2. Kemampuan meraba
 
Anggota gerak bayi akan semakin aktif diusia ini. Kakinya akan semakin kuat menendang-nendang. Anda dapat melatih koordinasi genggamannya dengan mengulurkan mainan padanya dan membiarkan bayi menyentuh atau menggenggam mainan tersebut.
 
3. Menahan Kepala
 
Leher bayi akan dapat menegakkan kepalanya dalam beberapa menit saat posisi terlentang atau seperti didudukkan. Saat ditelungkupkan, bayi akan mengangkat kepala dan dadanya seperti sedang push-up. Anda dapat duduk di depannya atau mengulurkan mainan untuk melihatnya mencoba meraihnya atau tidak.
 
Saksikan juga video menarik berikut ini:
 
1 dari 2 halaman

Mulai punya pola tidur tetap

4. Berguling
 
Bayi Anda mungkin belajar berguling sendiri maka dari itu pastikan untuk meletakkan bayi di tempat yang datar tanpa disanggah bantal saat mengganti popok.
 
5. Tidur
 
Mulai dari sekarang, orangtua yang kurang tidur akhirnya bisa beristirahat. Saat usia bayi mencapai 3-4 bulan, pola tidur bayi mulai menetap, meskipun kebanyakan bayi masih tetap akan terjaga di malam hari karena lapar untuk beberapa bulan.
 
6. Mengenali orang terdekatnya
 
Di usia ini, bayi akan sering tersenyum pada orang terkasihnya, seperti ibunya atau pada seseorang yang sering merawatnya. Bayi Anda akan mengenali suara orang terdekatnya dan mencoba untuk berbicara dengannya.
 
Anda tidak perlu khawatir jika bayi Anda belum melalui tahap ini, karena perkembangan setiap anak tidaklah melulu sama.
Artikel Selanjutnya
Bocah Ini Rayakan Hari Jadinya Bersama Jantung Baru
Artikel Selanjutnya
Resep Panjang Umur Orang-Orang Berusia 100 Tahun Lebih