Sukses

Awas, Jangan Sampai Hilang Ingatan Gara-gara Ini

Hilang ingatan bukan sesuatu yang mustahil terjadi, terlebih jika Anda sering berada dalam kondisi ini.

Liputan6.com, Jakarta Hilang ingatan bisa membuat kita stres dan khawatir dengan kesehatan. Tapi, bukankah sebenarnya streslah yang membuat ingatan Anda hilang pada awalnya?

Peneliti dari Ohio State University menemukan, stres berkepanjangan bisa menyebabkan hilang ingatan dan inflamasi pada otak.

Mereka melakukan penelitian pada tikus, dan menemukan tikus yang berada dalam kondisi stres lupa cara keluar dari labirin yang sebelumnya telah mereka hapal jalan keluarnya.

Para peneliti ini melihat, kejadian ini hanya dialami oleh tikus-tikus yang sudah mengalami stres untuk beberapa saat. Inilah yang membuat para peneliti pecaya, stres hanya pada suatu waktu tidak akan memancing hilangnya ingatan.

Tikus yang mengalami stres secara kronis terlihat mengalami perubahan pada otak mereka. Perbedaan yang paling terlihat adalah inflamasi yang disebabkan oleh sistem imun.

Inflamasi ini disebabkan karena para tikus tadi mengalami "kekalahan sosial yang berulang" setelah dikonfrontasi oleh tikus lain yang lebih dominan sebanyak beberapa kali.

Hal ini sama dengan konsekuensi fisik dan stres psikologis yang dialami oleh para tentara, atau orang yang berada dalam hubungan yang menganiaya.

Kesimpulannya, stres berkepanjangan bisa menyebabkan sistem imun menginflamasi otak, yang kemudian, dapat menyebabkan hilangnya ingatan untuk sementara waktu.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.