Sukses

Cuci Tangan, Sederhana tapi Penuh Arti

Salah satu hal sederhana yang banyak mendatangkan manfaat, tapi masih jarang dilakukan oleh banyak orang adalah mencuci tangan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal sederhana yang banyak mendatangkan manfaat, tapi masih jarang dilakukan oleh banyak orang adalah mencuci tangan. Namun, membasuh tangan dengan air saja tidaklah cukup.

Cuci tangan yang baik adalah menggunakan sabun. Karena dengan cuci tangan pakai sabun, minimal kuman yang bisa berpotensi menjadi penyakit dapat dicegah agar tidak menyerang tubuh kita.

Faktanya, UNICEF (United Nations International Children's Emergency Fund) menyatakan, lebih dari 1,7 juta kematian anak di bawah usia 5 tahun disebabkan oleh diare dan infeksi saluran pernafasan. Sebanyak 760 ribu di antaranya disebabkan oleh diare pada 2013. Data ini diperkuat dengan penemuan WHO yang mencatat minimal ada 3000 anak balita di seluruh dunia meninggal setiap hari.

Sementara Indonesia menjadi 1 dari 15 negara di dunia yang memiliki kasus kematian anak tertinggi di bawah usia 5 tahun. Dengan jumlah 29 ribu kematian per tahun akibat diare dan infeksi saluran pernafasan.

Dari data itu seharusnya kita bisa berkaca bahwa mencuci tangan dengan sabun sangat penting. Hal yang mudah memang, tapi bisa menyelamatkan Anda dari berbagai penyakit.

Di tanggal 15 Oktober 2017 yang diperingati sebagai hari peringatan Global Handwashing Day (Hari Cuci Tangan Dunia), Lifebuoy sebagai produk sabun keluarga yang peduli dengan kesehatan anak, mengajak masyarakat turut berpartisipasi mendukung edukasi cuci tangan kepada anak-anak Indonesia melalui gerakan #TepukSehatIndonesia.

Lifebuoy menargetkan 1.5 juta anak usia sekolah dasar dan 150.000 ibu untuk diedukasi akan pentingnya cuci tangan pakai sabun. Target ini akan menjadi bagian perjalanan Gerakan #TepukSehatIndonesia sekaligus mengajak semakin banyak masyarakat untuk menjadi “agent of change” dalam menyebarkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat Indonesia.

Sebelum itu, mencuci tangan tidak boleh sembarang. Ada tata cara yang benar untuk mencuci tangan agar semua kuman yang menempel bisa hilang. Berikut tata cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Untuk langkah mencuci tangan yang baik dan benar, coba ikuti panduan seperti di bawah ini:

Anda pun bisa ikut serta Hari Cuci Tangan Sedunia dengan cara upload foto sembari tos bersama teman atau keluarga. Jangan lupa gunakan hastag #TepukSehatIndonesia dan follow akun Instagram @LifebuoyID.

Setiap 1 unggahan foto dalam gerakan #TepukSehatIndonesia, Anda berpartisipasi dengan Lifebuoy untuk memberikan edukasi cuci tangan untuk 10 anak Indonesia.

Yuk lakukan sekarang juga!

 (*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.