Sukses

Bahaya Pakai Produk Perawatan Kulit Sembarangan Saat Hamil

Liputan6.com, Jakarta Hamil tak berarti menjadikan kaum hawa malas merawat kulitnya. Namun, perlu kehati-hatian agar tak menganggu janin, menurut dokter sekaligus presenter Reisa Broto Asmoro. 
 
"Saat hamil hati-hati gunakan produk perawatan kulit, penyerapan kulit pada ibu hamil itu meningkat lima kali lipat. Meski kadang diperbolehkan menggunakan bahan yang alami, tapi bisa jadi itu berlebihan bagi ibu hamil," kata dia di Jakarta, Rabu (25/10). 
 
Agar kondisi kulit terjaga kelembapannya, ibu hamil perlu asupan cairan yang cukup, meskipun terkadang merasa kembung. 
 
"Banyak minum, kadang ibu hamil merasa sudah begah, cuaca dingin males minum jadi itu yang bisa munculkan masalah kulit," tutur Reisa. 
 
Selain itu, jangan lupakan asupan vitamin dan hati-hati dalam penggunaan tabir surya karena cenderung berbahaya bagi janin. 
 
"Hati-hati menggunakan sunblock karena berbahaya untuk janin. Kalau makeup sejauh ini, karena tidak berfungsi untuk diserap kulit jadi enggak masalah kecuali jika makeup-nya diserap kulit, itu enggak boleh digunakan," papar dia. 
 
Perawatan kulit yang salah bisa memicu gangguan perkembangan janin, terutama di tiga bulan pertama kehamilan.  
 
"Gangguan perkembangan janin, kecacatan pada janin terutama saat trimester awal takutnya kecacatan tinggi dibanding di akhir. Bisa jadi sampai keguguran," pungkas Reisa. (Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)
Artikel Selanjutnya
Intip Ritual Kecantikan Sebelum Tidur Tsania Marwa
Artikel Selanjutnya
5 Perawatan Alami yang Tak Efektif untuk Wajah