Sukses

3 Faktor yang Tentukan Kamu Bisa Langsing atau Tidak

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang berusaha menyingkirkan lemak tubuh untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal. Sayangnya, sebagian orang masih beum berhasil melakukannya.

Mengutip laman Step to Health, Rabu (25/10/2017), ada beberapa faktor penentu yang menentukan berhasil tidaknya seseorang membakar lemak.

Berikut ini tiga faktor penentu utama untuk menyingkirkan lemak dan menurunkan berat badan.

1. Metabolisme

Langkah pertama untuk mengenal tubuh terletak pada pengetahuan Anda tentang metabolisme. Inilah proses dimana nutrisi yang dimakan dalam makanan diubah menjadi energi. Energi ini diperlukan agar tubuh Anda menjalankan aktivitas dan meningkatkan fungsi organ.

Pada saat yang sama, penting untuk memperhitungkan bahwa metabolisme bekerja secara berbeda untuk setiap orang. Proses ini bergantung pada tiga faktor mendasar.

Pertama olah raga, dimana jumlah lemak yang terbakar tergantung pada latihan yang dilakukan. Jadi, semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar.

Kedua, efek thermogenik makanan yang Anda konsumsi. Tubuh Anda menggunakan energi untuk menyerap nutrisi utama yang terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak.

Terakhir, metabolisme basal, yaitu jumlah energi yang dikonsumsi tubuh Anda dalam kondisi normal atau tanpa usaha fisik.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

2. Kalori

Kalori adalah sumber energi bagi tubuh. Mereka berasal dari makanan yang Anda makan. Kalori diperlukan untuk membantu menjaga semua fungsi tubuh, terlepas dari apakah Anda bangun atau tidur.

Kalori yang Anda makan dalam makanan Anda perlu dikontrol. Tujuannya adalah untuk menurunkan berat badan dan membakar kelebihan lemak.

3. Defisit kalori

Keadaan ini terjadi ketika tubuh menggunakan lebih banyak kalori daripada yang didapat dari makanan. Faktor ini adalah rahasia sebenarnya untuk membakar lemak dengan baik.

Jika Anda memiliki jaringan lemak berlebih, ada baiknya Anda mengalami defisit kalori di tubuh Anda. Ini akan membantu Anda mencapai berat badan ideal.

Untuk mencapai defisit kalori, Anda dapat menerapkan diet dan meningkatkan metabolisme Anda untuk mencapai keseimbangan sempurna.

Selain itu, Anda harus melakukan proses ini selangkah demi selangkah. Jika Anda melakukan secara berlebihan dan mengharapkan hasil yang instan, tubuh Anda bisa terkena penyakit.

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut
Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?