Sukses

Menu Sarapan Mudah dan Sehat yang Bikin Langsing

Liputan6.com, Jakarta Buah seringnya dijadikan makanan penutup, atau cemilan sore hari. Bahkan ada juga orang yang menghindari sarapan buah, karena takut sakit perut.

Padahal ternyata, memulai hari dengan makan buah segar adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Makanan matang apapun tak akan bisa mengalahkan sehatnya buah-buahan segar. Proses memasak bisa mengurangi nilai nutrisi dari suatu makanan, sedang buah bisa Anda makan mentah-mentah.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika sarapan dengan buah-buahan segar. Melansir Boldsky, Rabu (25/10/2017):

1. Meningkatkan pencernaan

Buah-buahan bisa mendongkrak fungsi pencernaan. Serat yang ada di dalam buah bisa membantu membersihkan tubuh Anda.

Timbunan racun akan dipaksa keluar dan pergerakan usus akan jadi lebih baik. Dan lagi, buah-buahan juga mengandung banyak air yang akan memastikan Anda terus terhidrasi.

2. Tubuh terasa lebih baik

Coba saja memulai hari dengan makan buah, dan lihat apa yang Anda rasakan. Kandungan vitamin dalam buah bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar. Buah akan membuat Anda jadi lebih aktif.

3. Penuh energi

Delima, jeruk, mangga, semangka, apel, dan pisang adalah beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan air dan glukosa.

Buah-buahan ini bisa membuat Anda merasa enerjik ketika dimakan di pagi hari. Tak perlu juga mengkhawatirkan kadar gula darah, karena buah-buahan biasanya memiliki indeks glikemik yang rendah.

Namun jika Anda adalah seorang diabetesi, konsultasikan dulu dengan dokter buah-buahan apa saja yang baik dan aman untuk Anda.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 2 halaman

Sehat dan Langsing

4. Menguatkan imun tubuh

Buah-buahan juga dilengkapi dengan beberapa enzim. Ketika Anda menjadikan buah sebagai makanan pertama di pagi hari, enzim di dalamnya akan membantu mengasimilasi nutrisi secara lebih baik. Hasilnya, imunitas tubuh bisa meningkat.

5. Mengurangi stres

Nanas, pepaya, stroberi, anggur, kiwi, lemon dan jeruk kaya akan vitamin C yang bisa mengurangi stres. Buah-buahan ini juga bisa meminimalisir inflamasi.

Dan hebatnya lagi, mereka juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu memperlambat penuaan.

6. Menjaga berat badan

Buah-buahan juga bisa membantu Anda mempertahankan berat badan. Jika Anda bisa menjaga piring Anda agar dipenuhi makanan-makanan alami, dan bukannya makanan berproses, berat badan Anda akan jauh lebih mudah dipertahankan.

Artikel Selanjutnya
Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis dan Wajib Coba
Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk