Sukses

Rutin Jalan Kaki, Perokok pun Bisa Kurangi Risiko Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Jalan kaki merupakan aktivitas yang murah dan mudah dilakukan setiap orang. Anda bisa memilih waktu kapan saja sesuai dengan kesibukan aktivitas Anda.

Berjalan adalah salah satu jenis aktivitas fisik yang paling umum dan dianggap mampu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker payudara.

Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik 150 menit setiap minggunya atau minimal 75 menit untuk menjaga kesehatan fisik Anda.

Menurut peneliti Alpa Patel dari American Cancer Society dengan menggunakan 140.000 responden, sebagian kecil (6-7 persen) melaporkan tidak ada aktivitas fisik intensitas sedang sampai kuat dan sekitar 95% melakukan aktivitas berjalan dan bentuk aktivitas fisik sedang.

Setelah mengoreksi faktor risiko lainnya, termasuk merokok, obesitas, dan kondisi kronis, penelitian ini menemukan bahwa jalan berjalan hanya dalam waktu kurang dari dua jam per minggu mampu menurunkan penyebab kematian dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan aktivitas.

Berikut ini merupakan manfaat berjalan secara rutin setiap hari seperti yang dilansir oleh Boldsky.

- Jantung Sehat

Aktivitas berjalan 30 menit setiap hari akan membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol dan memastikan kesehatan jantung.

- Berat Badan

Anda perlu mempertimbangkan melakukan aktivitas berjalan selama 30 menit setiap hari. Aktivitas tersebut akan membantu pembakaran lemak tubuh dan penurunan berat badan Anda.

- Mengatur Tekanan Darah

Aktivitas berjalan yang Anda lakukan setiap hari akan membantu Anda untukmengatur tekanan darah Anda. Hal inilah akan mencegah timbulnya penyakit tekanan darah tinggi.

- Mencegah diabetes

Saat Anda melakukan aktivitas berjalan secara teratur, glukosa tubuh Anda akan digunakan sehingga membantu Anda menurunkan kadar gula darah. Hal ini akan membantu Anda mencegah diabetes.

Artikel Selanjutnya
6 Cara Sederhana Kuatkan Jantung
Artikel Selanjutnya
Efek Buruk Malnutrisi pada Pasien Kanker Bisa Sebabkan Kematian