Sukses

Trik Turunkan Berat Badan yang Sehat untuk Ibu Menyusui

Liputan6.com, Jakarta Setelah melahirkan, ada beberapa wanita yang sulit menurunkan berat badan. Masalahnya, mengikuti diet rendah kalori yang membantu menurunkan berat badan dengan cepat bisa mempengaruhi kualitas ASI.

"Ibu menyusui tidak dapat membatasi kalori karena akan mempengaruhi ASI," kata konsultan nutrisi ibu selama kehamilan dan anak, Elizabeth Ward, MS, RD, seperti dimuat laman WebMD, Senin (23/10/2017).

Jadi apa rencana diet terbaik untuk ibu menyusui?

Menurut Elizabeth, sebenarnya ibu menyusui tak perlu khawatir mengenai berat badannya karena menyusui bisa membuang banyak kalori. Namun, banyak wanita bahkan tidak kehilangan berat badan bayi sampai mereka benar-benar berhenti menyusui. 

"Dibanding membatasi makan, sebaiknya lakukan aktivitas fisik. Cara ini lebih aman dan sehat. Namun, bagi ibu yang melahirkan secara caesar perlu waktu untuk penyembuhan luka sebelum aktivitas fisik secara teratur," ujarnya.

Enam minggu setelah melahirkan, kebanyakan ibu sudah siap untuk beraktivitas. Elizabeth mengatakan, Anda juga bisa berjalan setiap 15 menit setiap hari. Selain itu, gunakan waktu tidur bayi untuk mengikuti gerakan kebugaran. 

Simak video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Dulu Gemuk, Postur Mantan Personel Boyband Ini Bikin Pangling
Artikel Selanjutnya
Agar ASI Mengalir Lancar, Ini yang Perlu Ibu Perhatikan