Sukses

Daftar 5 Makanan yang Bikin Tulang Keropos

Selain rajin minum susu, Anda pun harus menjauh dari makanan-makanan yang dapat melemahkan tulang.

Liputan6.com, Jakarta Tulang adalah penopang tubuh kita. Tanpa tulang yang sehat, kita sulit berdiri tegak, berjalan, dan praktis sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Guna mendapatkan tulang kuat sedari muda, kita dianjurkan mengonsumsi makanan kaya serat dan vitamin seperti sayuran hijau dan susu. Juga harus menghindari sejumlah makanan yang dipercaya dapat melemahkan tulang.

Berikut daftar makanan yang dapat melemahkan tulang seperti dikutip dari situs Health Site pada Senin, 23 Oktober 2017.

1. Garam

Terlalu banyak menambahkan garam di setiap makanan yang konsumsi sehari-hari bisa berdampak buat tulang. Selain hipertensi, kelebihan asupan garam bisa memengaruhi penyerapan kalsium, yang berujung pada osteoporosis.

2. Kopi dan teh

Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan minuman bersoda dapat mengurangi mineralisasi tulang, yang membuat tulang rentan dan mudah patah. 

3.Kurangi konsumsi sayuran tertentu

Hindari konsumsi terlalu banyak tomat, kentang, dan paprika. Mereka termasuk kelompok sayuran kontroversial, yang juga dikenal sebagai Solanaceae. Sayuran ini mengandung alkaloid yang dikenal memperburuk gejala rematik.

4. Daging merah

Selain berisiko kanker usus besar, daging merah juga bisa berdampak pada kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menyimpulkan bahwa mengurangi daging merah memiliki dampak positif pada tulang.

5. Bayam

Meski ternyata sayuran berdaun ini memiliki kelimpahan oksalat, yang bisa mempengaruhi kesehatan tulang. Meskipun merupakan sumber kalsium yang baik, tubuh merasa sulit untuk mengekstrak nutrisi pembentukan tulang dari makanan yang mengandung oksalat.

(Michelle Tania)

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.