Sukses

4 Ramuan Alami Atasi Pudarnya Warna Kulit Akibat Vitiligo

Resep ramuan berikut bantu atasi vitiligo, penyakit yang ditandai dengan pudarnya sebagian warna kulit.

Liputan6.com, Jakarta Vitiligo adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pigmentasi abnormal pada kulit. Penyakit ini membentuk daerah putih dengan ukuran dan penyebaran yang berbeda pada kulit. Bagaimana cara mengatasinya?

Mengutip laman Step to Health, Senin (23/10/2017), kondisi ini biasanya ditemukan di daerah kulit yang lebih gelap atau area yang terkena gesekan. Misalnya pada wajah, ketiak, bibir, alat kelamin, dan tangan.

Penyakit ini memengaruhi antara 1 dan 2 persen populasi. Umumnya menyerang orang berusia antara 20 dan 30 tahun, atau mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. Kondisi ini lebih sering menyerang wanita dibanding pria.

Untuk mengatasi vitiligo, berikut beberapa resep ramuan yang dapat digunakan.

1. Pepaya

Buah ini mengandung nutrisi yang membantu menghidupkan kembali melanosit yang menghasilkan melanin atau warna kulit. Cara membuatnya, potong pepaya dan tumbuk hingga halus, lalu oleskan langsung ke daerah yang terkena. Biarkan sampai mengering, dan ulangi dua kali untuk hasil terbaik. Anda juga bisa meningkatkan efek ini dengan meminum jus pepaya.

2. Tanah liat merah

Tanah lliat mengandung tembaga yang bisa membantu mengembalikan pigmentasi kulit. Bahan ini juga bisa memperbaiki aliran darah dan hal ini berkontribusi pada kulit agar terlihat lebih sehat. Untuk membuatnya, campur dua sendok makan tanah liat merah dengan beberapa ekstrak jahe dan oleskan pasta ke area yang terkena selama 15 menit.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kunyit

Bumbu ini bisa sangat bermanfaat bagi kulit karena bisa membantu mengembalikan pigmentasi secara alami.

Untuk membuatnya, siapkan kunyit, jahe, dan jus lemon. Campur semua bahan dalam toples. Aduk dan konsumsi dua sendok teh sebelum makan. Pilihan lainnya adalah buat teh yang dicampur dengan kunyit dan oleskan cairan langsung ke kulit.

4. Jahe

Jahe tak hanya berkhasiat untuk mengatasi demam dan menghangatkan tubuh, tetapi juga berguna dalam pengobatan vitiligo berkat kemampuannya untuk memperbaiki aliran darah.

Untuk membuatnya, siapkan satu akar jahe segar, satu sendok teh minyak mustard dan sejumput kunyit. Parut akar jahe dan campurkan dengan minyak mustard dan kunyit . Oleskan ini sebagai pasta langsung ke daerah yang terkena, dan biarkan di kulit selama 20 menit.

Selain menggunakan ramuan di atas, Anda harus melindungi diri dari sinar UV. Untuk itu, gunakan tabir surya spektrum luas yang bagus. Oleskan ke seluruh kulit, setidaknya setengah jam sebelum terpapar sinar matahari.

Anda juga bisa memakai topi, kacamata hitam, dan pakaian pelindung untuk menutupi kulit Anda karena pada umumnya orang yang menderita vitiligo biasanya lebih mudah merasakan kulit terbakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini