Sukses

Manfaat Minyak Ikan untuk yang Ingin Kekar

Liputan6.com, Jakarta Body building atau binaraga adalah kombinasi antara latihan dan diet yang baik untuk dapatkan tubuh yang kekar. Salah satu cara memastikan tubuh jadi berotot adalah dengan mengonsumsi banyak protein. 

Suplemen yang populer dan sering dikonsumsi oleh binaragawan adalah protein whey. Protein ini membantu lebih cepat dalam pembangunan dan pemulihan otot. Suplemen lain yang mempunyai kemampuan mirip adalah minyak ikan.

Minyak ikan berasal dari ikan segar dan dikenal sebagai suplemen paling sehat bagi manusia. Minyak ikan sangat baik untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3.

Berikut ini merupakan manfaat minyak ikan bagi binaragawan, seperti yang dilansir dari Boldsky, Senin (23/10/2017):

1. Kolesterol yang sehat

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan lemak sehat bagi jantung. Lemak yang ada di dalamnya berbeda dengan lemak lainnya. Ketika lemak ini masuk ke dalam tubuh, lemak akan dirubah menjadi energi daripada disimpan. Minyak omega-3 bisa mengurangi risiko serangan jantung.

2. Minyak ikan baik untuk tulang

Orang yang mengkonsumsi minyak ikan dikatakan memiliki BMD (Bone Mineral Density - kepadatan mineral tulang) yang lebih besar. Minyak ikan mampu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Jika Anda seorang binaragawan, tulang dan persendian Anda tentu akan menahan banyak tekanan saat melakukan aktivitas berat. Juga, orang-orang yang menderita patah tulang akan lebih cepat pulih saat diberi suplemen minyak ikan.

 

1 dari 2 halaman

Membantu pertumbuhan

3. Menyembuhkan cedera dengan cepat

Minyak ikan efektif dalam mengurangi cedera otot dan persendian dengan mengurangi peradangan di dalamnya. Latihan beban yang berat akan meningkatkan risiko cedera dan tentu ini bisa menjadi hambatan dalam mencapai tujuan Anda.

Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan secara teratur agar bisa memperkecil kemungkinan cedera sehingga bisa latihan secara rutin.

4. Membantu meningkatkan hormon pertumbuhan

Minyak ikan diketahui menstimulasi tubuh untuk mensekresi HGH (Human Growth Hormone, hormon pertumbuhan). Minyak ikan juga mendorong pertumbuhan otot dengan mengurangi hormon katabolik dan meningkatkan hormon anabolik.

Minyak ikan juga mampu meningkatkan sintesis protein yang penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot pada saat Anda berolahraga.

Artikel Selanjutnya
Konsumsi Daging Kambing untuk Turunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Rutin Minum Air Kelapa Selama 2 Minggu, Ini Hasilnya