Sukses

Wanita Perokok Jauh Lebih Berisiko Kena Kanker Serviks

Liputan6.com, Jakarta Rokok dapat meningkatkan risiko kanker serviks tiga kali lipat dibandingkan wanita yang tidak merokok, kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi Dr dr Tofan Widya Utami Sp.OG (K).

"Perempuan yang merokok terdapat radikal bebas di tubuhnya, memiliki 2,7 atau tiga kali lipat risiko terkena kanker serviks," kata Tofan di Jakarta, dimuat Minggu (22/10/2017).

Tofan yang juga dokter dari Divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN dr Cipto Mangunkusumo menjelaskan, faktor risiko lain dari kanker serviks ialah memiliki perilaku seksual yang sering bergonta-ganti pasangan, atau memiliki pasangan yang melakukan kegiatan seksual lebih dari satu pasangan.

Dokter Tofan mengungkapkan penelitian yang menyebutkan perempuan yang memiliki lebih dari lima pasangan seksual menyebabkan 12 kali lipat kemungkinan virus penyebab kanker serviks (Human Papiloma Virus, HPV) menetap pada leher rahim dan bisa menimbulkan kanker.

Selain itu, perempuan yang pernah melakukan hubungan seksual di bawah usia 18 tahun juga berisiko terkena kanker serviks.

Dia mengemukakan 99,7 persen kasus kanker serviks disebabkan oleh virus HPV. Sementara virus HPV, kata Tofan, sangat mudah berpindah dan terdapat di berbagai tempat.

Tofan juga menggarisbawahi pentingnya melakukan deteksi dini dengan metode IVA atau pap smear agar kanker serviks bisa disembuhkan sebelum stadium lebih lanjut.

"Kalau hasil IVA positif, jangan takut, harusnya bersyukur karena masih dalam status prakanker, 100 persen bisa sembuh," jelas Tofan. (Aditya Ramadhan/Antara News)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.