Sukses

Ada Cara Kendalikan dan Mengingat Mimpi

Penelitian baru menunjukkan, ada teknik mengatur dan mengendalikan mimpi.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian baru menunjukkan, ada teknik mengatur dan mengendalikan mimpi. Proses ini terjadi ketika Anda sadar sedang bermimpi.
 
Selama ini, Anda mungkin bermimpi tapi ketika terbangun, Anda lupa atau mengingat secara samar-samar apa yang Anda mimpikan.
 
Para ilmuwan di University of Adelaide, Australia menemukan, "kombinasi teknik tertentu" yang memungkinkan Anda untuk mengendalikan mimpi. Ini melibatkan pengujian realitas. Teknik berupa Anda bangun dari tempat tidur dan tetap terjaga dalam waktu yang singkat. Lalu kembali tidur untuk memasuki masa tidur REM (gerakan mata cepat dalam siklus tidur) dan Mild (mimpi jernih). 
 
Ketika Anda terbangun setelah tidur 5 jam. Nyatakan niat dengan mengulangi ucapan, "Lain kali saat saya bermimpi, saya akan ingat kalau saya sedang bermimpi".
 
Partisipan sebanyak 47 orang mengikuti tes selama seminggu. Hasilnya 17 persen partisipan mencapai mimpi jernih--mimpi yang bisa diingat secara nyata.
 
Mengingat mimpi 
 
Partisipan yang berhasil tertidur dalam 5 menit dengan berlatih teknik Mild, tingkat keberhasilannya lebih tinggi, yaitu 46 persen.
 
"Teknik Mild bekerja pada apa yang kita sebut 'memori prospektif', yaitu kemampuan Anda mengingat mimpi. Ucapan yang dilakukan berulang-ulang kalau Anda sedang bermimpi itu membentuk sebuah niat di dalam pikiran," kata penulis studi Dr Denholm Aspy, dilansir dari Evening Press, Sabtu (21/10/2017).
 
Pada kenyataannya, Anda akan ingat kalau Anda sedang bermimpi. Apa yang Anda mimpikan terasa jernih dan nyata. Anda pun akan mengingat apa yang dimimpikan.
 
Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Dreaming.
 
 
 
Saksikan video menarik berikut ini:
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini