Sukses

Jangan Mengaku Pencinta Kopi Kalau Tak Tahu 5 Fakta Ini

Liputan6.com, Jakarta Menjamurnya kafe atau kedai kopi di Indonesia tentu tak lepas dari kultur masyarakatnya yang mencintai minuman ini. Di beberapa daerah di Tanah Air bahkan bisa ditemukan beberapa jenis kopi yang berbeda dengan ciri khas tersendiri.

Kopi juga diklaim memiliki beragam manfaat kesehatan, salah satunya baik untuk kesehatan jantung bila dikonsumsi rutin dua hingga tiga cangkir sehari. Namun, tahukah Anda ada beberapa fakta menarik lainnya soal kopi.

Tak percaya? Simak fakta menarik berikut yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Ada dua jenis biji kopi

Ya, kopi memiliki dua jenis biji kopi, yakni arabika dan robusta. Tujuh puluh persen biji kopi adalah arabika. Meski kurang populer, robusta juga memiliki banyak penggemar karena sedikit lebih pahit dan memiliki kafein dua kali lebih banyak.

2. Mayoritas kopi diproduksi di Brasil

Brasil menghasilkan 40 persen kopi dunia, setelah itu Kolombia dan Vietnam.

3. Kopi sebenarnya buah

Ingat ya, sebelum dikonsumsi, kopi sebenarnya adalah buah yang mirip ceri.

4. Kopi termahal di dunia ada di Indonesia

Kopi luwak yang berasal dari kotoran luwak di Sumatera, Indonesia, masih jadi kopi paling mahal di dunia. Mungkin karena prosesnya yang rumit dan melibatkan proses pencernaan  hewan luwak sehingga kopi ini begitu mahal.

5. Kafein bisa mematikan

Meski sudah banyak penelitian terkait kopi, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan, kata pakar kesehatan.

6. Kafein bisa meningkatkan gairah seks wanita

Periset mengatakan, kopi bisa meningkatkan pengalaman seksual tertentu pada wanita yang suka minum kopi.

7. Kelezatan kopi tergantung proses memanggangnya

Saat dipanggang, kandungan kafein akan meningkat sehingga akan menambah rasa dan aroma kopi. 

8. Nama cappuccino terinspirasi dari pakaian biarawan, yaitu capuchin monk, hingga terdengar seperti cappucino

9. Anda bisa berenang dalam kolam kopi di Jepang

Resor spa Yunessun di Hakone, Jepang, memiliki spa khusus yang memungkinkan pelanggan mandi dengan cairan yang menyenangkan, seperti anggur, cokelat, teh hijau, sake, dan kopi. 

10. Minum kopi dapat membantu menyelamatkan hati Anda dari alkohol

Kopi telah ditemukan dapat mengurangi risiko sirosis atau penyakit hati terkait alkohol, yang dapat menyebabkan kanker dan gagal hati.

Satu studi menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang diminum per hari, akan mengurangi 22 persen risiko sirosis alkoholik. Penelitian terbaru dari Italia juga menyimpulkan bahwa minum kopi dapat mengurangi kemungkinan risiko kanker hati sebesar 40 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.