Sukses

Terlalu Banyak Minum Susu Picu Batu Ginjal?

Minum susu terlalu banyak akan menimbulkan penyakit ginjal jika disertai dengan konsumsi makanan ini.

Liputan6.com, Jakarta Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik bagi kesehatan. Namun apakah terlalu banyak minum susu baik untuk kesehatan?

Dr. Michael Triangto, Sp.KO mengatakan bahwa minum susu dibutuhkan segala usia. Pada anak-anak, susu dibutuhkan untuk pembentukan dan perkembangan tulang. Sementara, pada orang dewasa susu dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan membantu mencegah osteoporosis.

Namun, dia menjelaskan bahwa terlalu banyak minum susu ditambah asupan kalsium yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti penyakit ginjal.

"Minum susu juga harus diperhatikan, apakah selain minum susu orang tersebut juga mengonsumsi makanan lain yang banyak mengandung kalsium. Kalau berlebihan, ini bisa menimbulkan batu ginjal," ucapnya.

Saat ini, banyak orang yang mengonsumsi susu dan suplemen kalsium agar terhindar dari tulang keropos. Hal ini tentunya akan membuat asupan kalsium menjadi berlebihan dan akan menumpuk di ginjal. Terlebih jika orang tersebut makanan yang mengandung kalsium, seperti keju, alpukat dan brokoli.

Dia menjelaskan, kebutuhan kalsium seseorang berbeda-beda. Untuk mengetahui sebanyak apakah kalsium yang dibutuhkan oleh individu, sebaiknya melakukan pemeriksaan Bone Mineral Density (BMD).

Dengan melakukan pemeriksaan BMD, menjaga kesehatan tulang akan lebih optimal karena mengetahui secara pasti kondisi tulang dan dokter akan memberi arahan tentang cara menjaga agar tulang tetap sehat dan terhindar dari penyakit tulang.

Saksikan video menarik berikut :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini