Sukses

Stres dan Cemas? Coba Redakan dengan Cuci Piring

Melakukan kegiatan sederhana seperti mencuci piring ternyata cukup ampuh meredakan stres.

Liputan6.com, Jakarta Saat kerjaan menumpuk, terkadang seseorang dengan mudah dilanda stres. Terutama bagi individu yang kurang mampu mengelola stres. Melakukan kegiatan sederhana seperti mencuci piring ternyata cukup ampuh meredakan stres.

Sebuah riset dari Florida State University mengungkap, mencuci piring bisa secara signifikan mengurangi stres dan kecemasan. Tak hanya itu, manfaat lain dari mencuci piring bahkan bisa memicu inspirasi, melansir laman Purewow, Jumat (20/10/2017).

Tapi, untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan, ada aturan yang harus Anda pahami. Aturannya, jangan anggap aktivitas mencuci piring sebagai tugas apalagi beban. Sebaliknya, nikmati kegiatan itu. Hirup aroma segar sabun cuci piring, rasakan dingin atau hangatnya air yang mengalir di sela-sela jemari, lalu perhatikan keindahan perangkat makan Anda.

Mungkin terdengar sepele dan aneh, tapi trik ini terbukti berhasil. Peneliti mengatakan, semakin Anda menikmati mencuci gelas dan piring tersebut, semakin rileks pula Anda.

Bahkan, partisipan studi yang membaca artikel tentang mindfulness sebelum mencuci piring, kadar kecemasan mereka turun hingga 27 persen. Sedangkan inspirasi yang mereka rasakan meningkat 25 persen. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.