Sukses

Selain Mual, Kenali Tanda-Tanda Hamil Muda

Berikut ini beberapa pertanda yang dialami wanita pada awal kehamilan. Sebaiknya deteksi kehamilan sejak dini agar asupan janin terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, wanita merasakan mual sebagai pertanda awal kehamilan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon saat hamil. Namun tidak semua wanita mengalami mual, bahkan sebagian wanita seringkali menyadari kehamilan pada peroide kehamilan mencapai beberapa minggu.

Menurut laman She Knows, Kamis (19/10/2017), setiap wanita mengalami gejala yang berbeda-beda pada awal kehamilan. Bahkan gejala kehamilan pertama dan selanjutnya pun bisa memberikan gejala yang berbeda pada setiap wanita.

Untuk itu, penting mengetahui gejala awal yang biasanya dialami wnaita pada awal kehamilan. Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan agar kehamilan Anda diketahui lebih dini. Hal ini penting agar Anda dapat memastikan asupan gizi yang cukup bagi perkembangan si buah hati.

1. Payudara lembut dan besar

Menurut Dr. Grace Kong, seorang Obstetri Ginekologi di Saddleback Memorial Medical Center California, meningkatnya kelembutan payudara dan pembengkakan bisa menjadi tanda awal kehamilan.

Hal ini terjadi karena hormon berfluktuasi yang menyebabkan perubahan pada payudara saat hamil. Selain itu, jika Anda merasa payudara menjadi sangat sensitif, itu merupakan sinyal dari awal kehamilan.

2. Kelelahan

Di awal kehamilan, seringkali wanita mengalami rasa lelah yang amat sangat. Dr. Grare mengatakan hal ini bisa terjadi bahkan sebelum Anda memasuki waktu dimana Anda telat datang bulan.

Saksikan video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pendarahan dan kram

Gejala berikutnya yaitu pendarahan dan kram. Kedua gejala ini sekilas nampak seperti menstruasi. Namun menurut dr. Grace, sedikit bercak darah yang disertai kram bisa terjadi embrio menembus lapisan rahim.

Saat mendapati gejala tersebut, sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan atau berkosultasi dengan dokter.

4. Peka terhadap bau

Sebagian wanita memiliki pengalaman sensitif terhadap bau dan aroma makanan pada awal kehamilan. Jadi jika biasanya Anda tidak terganggu dengan aroma tertentu dan tiba-tiba mengalami perubahan seperti pusing dan mual, ini bisa jadi pertanda Anda memasuki awal kehamilan.

5. Terlambat datang bulan

Pertanda terakhir yang biasanya digunakan wanita untuk mengecek kehamilan adalah saat tak kunjung mengalami menstruasi. Jika Anda tidak mengalami gejala mual namun terlambat datang bulan, tetaplah melakukan pemeriksaan kehamilan. Misalnya dengan test pack.

Jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa, seperti sakit parah atau pendarahan berat, Grace mengatakan bahwa Anda harus dievaluasi oleh dokter. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kekhawatiran akan kehamilan abnormal seperti kehamilan ektopik atau keguguran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.